SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA SINDROM PRAMENSTRUASI (PMS) MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE

  • Minanti Minanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Novi Yona Sidratul Munti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Sindrom pramenstruasi merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis, emosi serta perubahan tingkah laku yang mengganggu hubungan interpersonal dan kualitas hidup wanita, Pubertas merupakan salah satu fase dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pada umumnya wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi malu untuk mengkonsultasikan penyakit yang di deritanya. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem penilaian untuk mempermudah masyarakat untuk mengetahui jenis gangguan apa yang sedang diderita tanpa harus bertemu dengan dokter untuk diagnosa awal terlebih dahulu. Sistem pakar merupakan salah satu sistem yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode faktor kepastian atau Certainty Factor metode ini merupakan suatu metode untuk membuktikan ketidakpastian pemikiran seorang pakar. Hasil metode Certainty Factor yang berupa persentase, cocok untuk hasil program yang dibutuhkan pada penelitian ini. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Gejala Sindrom Pramenstruasi (PMS) Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website yang sudah diimplementasikan dapat berjalan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Nurhanifah and M. S. Daryanti, “Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Kejadian Premenstruasi Sindrom (PMS) Pada Remaja,” Journal of Nursing Care and Biomolecular, vol. 5, no. 1, pp. 93–100, 2020.

Rodiani and A. Rusfiana, “Hubungan Premenstrual Syndrome (PMS) terhadap Faktor Psikologis pada Remaja," Medical Journal of Lampung University, vol. 5, no. 1, pp. 18–22, 2016.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018.

J. Bere, J. Dedy Irawan, and F. Ariwibisono, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Ayam Menggunakan Metode Certainty Factor,” JATI (Jurnal Mhs. Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 217–224, 2021.

A. Sugiarto, A. gilar pratama & A. Heriwibowo, and L. Sujai4, “Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Permenstrual Syndrome (PMS) Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Pada RSIA Permata Ibunda Berbasis Web,” Situstika Fikunma, vol. 7, no. 2, 2018.

M. Dahria, “Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi,” Jurnal Saintikom, vol. 10, no. 3, pp. 199–205, 2011.

A. F. Indriani, E. Y. Rachmawati, and J. D. Fitriana, “Pemanfaatan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Anak,” Techno.Com, vol. 17, no. 1, pp. 12–22, 2017.

Muntoha, Jamironi and H. Tantria “Pemanfaatan Situs Web Sebagai Sarana Promosi Desa Songbanyu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 3, pp. 172–176, 2015.

N. yona Sidratul munti, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lupus Eritmatosus Sistem(LES) Dengan Metode Forward Chaining Menggunakan Pemrograman PHP dan MySQL,” Jurnal Fasilkom, vol. 9, no. 2, pp. 407–428, 2019.

E. Wijaya, “Analisis Penggunaan Algoritma Breadth First Search Dalam Konsep Artificial Intellegencia,” Jurnal Time, vol. 2, no. 2, pp. 18–26, 2013.
Published
2022-01-28
How to Cite
[1]
M. Minanti and N. Munti, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA SINDROM PRAMENSTRUASI (PMS) MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE”, SKANIKA, vol. 5, no. 1, pp. 60-71, Jan. 2022.

Most read articles by the same author(s)