RANCANGAN ALAT PEMILAH SAMPAH OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04, MICROCONTROLLER NODEMCU DAN SENSOR PROXIMITY

  • Dhika Aditya Rumansyah Teknik Informatika, Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini Teknik Informatika, Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Teknik Informatika, Universitas Budi Luhur
  • Purwanto Purwanto Teknik Informatika, Universitas Budi Luhur
Keywords: Servo Motor, NodeMCU, Sensor Ultrasonik, Logam dan non logam, Sensor Proximity

Abstract

CV. Dhika Fotocopy adalah satu di antara banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yakni bidang fotocopy. Limbah industri yang dhasilkan dari jasa fotocopy tersebut dirasa cukup mengganggu dan jika tidak dikelola dengan baik maka akan dapat mencemarkan lingkungan. Pemilahan sampahnya selalu dilakukan secara manual, yakni dengan tangan manusia, sehingga prosesnya menjadi kurang efisien baik dilihat dari aspek waktu maupun tenaga. Salah satu solusi yang dapat diajukan adalah dengan membangun sistem atau alat pemilah logam dan non logam secara otomatis pada tempat sampah. Alat pemilah sampah logam & non logam yang dibangun ini menggunakan sensor proximity yang mampu mendeteksi logam ataupun non logam, sensor jarak HC-SR04 untuk mendeteksi keberadaan orang di sekitar tempat sampah untuk kemudian membuka dan menutup tempat sampah secara otomatis dengan bantuan motor servo dan juga sebagai sensor untuk mendeteksi kondisi penuh tidaknya tempat sampah menggunakan aplikasi pada perangkat berbasis Android. Dengan dibangunnya system atau alat pemilah sampah otomatis ini, karyawan tidak perlu memisahkan sampah logam maupun non logam secara manual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Kurniaty, B. H. W. Nararaya, and F. Turawan, Nabila Ranatasya, Nurmuhamad, “Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu di Kota Magelang,” Varia Justicia, vol. 12, no. 1, pp. 135–150, 2016.

E. Banowati, “Pengembangan Green Community Unnes Melalui Pengelolaan Sampah,” Indonesia Journal of Conservation, vol. 1, no. 1, pp. 11–19, 2012.

A. Taufiq and F. M. Maulana, “Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik serta Pelatihan Kreasi Sampah,” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, pp. 68–73, 2015.

L. Nulhakim, “Pemilahan Jenis Sampah Logam Dan Non-Logam Skala Kecil Secara Otomatis Berbasis Arduino (Smart Trash Can),” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (FIKI), vol. 9, no. 2, pp. 59–66, 2019.

R. Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah,” pp. 1–46, 2008.

M. N. Afriandi, R. Harahap, and J. Sarifah, “Optimalisasi Pengelolaan Sampah Berdasarkan Timbulan dan Karakteristik Sampah Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Kota Medan,” Buletik Teknik, vol. 15, no. 3, pp. 287–293, 2020.

A. Rasyid, “Pengertian Sensor Proximity Kapasitif.” https://www.samrasyid.com/2020/12/pengertian-sensor-proximity-kapasitif.html (accessed Dec. 27, 2021).

F. Puspasari, et al, “Sensor Ultrasonik HCSR04 Berbasis Arduino Due untuk Sistem Monitoring Ketinggian,” Jurnal Fisika dan Aplikasi, vol. 15, no. 2, pp. 36–39, 2019.

C. R. Hidayat and F. D. Syahrani, “Perancangan Sistem Kontrol Arduino Pada Tempat Sampah Menggunakan Sensor Pir dan Sensor Ultrasonik,” Jurnal Voice Informatics, vol. 6, pp. 65–75, 2017.

Suherman, Mardeni, Y. Irawan, and Sugiati, “Rancang Bangun Tempat Sampah Otomatis Mengunakan Mikrokontroler Dan Sensor Ultasonik Dengan Notifikasi Telegram,” Jik, vol. 9, no. 2, pp. 154–160, 2020.

M. F. Wicaksono, “Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Home,” Jurnal Teknik Komputer Unikom - Komputika, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.
Published
2022-01-28
How to Cite
[1]
D. Rumansyah, S. Amini, S. Mulyati, and P. Purwanto, “RANCANGAN ALAT PEMILAH SAMPAH OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04, MICROCONTROLLER NODEMCU DAN SENSOR PROXIMITY”, SKANIKA, vol. 5, no. 1, pp. 125-135, Jan. 2022.