IMPLEMENTASI RAPIDMINER UNTUK MENENTUKAN SISWA UNGGULAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS
Abstract
This research aims to apply the K-Means Method and RapidMiner in identifying superior students based on the scores of Mathematics, Science, and Social Studies subjects at SMP Negeri 11 Sampit. With a dataset consisting of 24 attributes and 31 student data, the K-Means Method successfully clusters students based on the similarity of the grades the students obtained. The model evaluation results show that the best cluster value is 2 clusters. The use of the K-Means Method in this study is a solution to the difficulty in determining superior students at SMP Negeri 11 Sampit because students' abilities tend to be balanced in each semester. This research provides insight that the K-Means Method is effective in determining superior students and can be a useful tool in educational evaluation.
Downloads
References
S. D. Laksana, “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21,” Jurnal Teknologi Pembelajaran, vol. 1, no. 01, pp. 14–22, 2021.
F. P. Dewi, P. S. Aryni, and Y. Umaidah, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Seleksi Siswa Berprestasi Berdasarkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran,” JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), vol. 7, no. 2, pp. 111–121, 2022.
A. U. Fitriyadi, A. Kurniawati, “Analisis Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Clustering Data Kinerja Karyawan pada Perusahaan Perumahan Nasional,” KILAT, vol. 10, no. 1, pp. 157–168, 2021.
Y. P. Sari, A. Primajaya, and A. S. Y. Irawan, “Implementasi Algoritma K-Means untuk Clustering Penyebaran Tuberkulosis di Kabupaten Karawang,” Jurnal INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, vol. 5, no. 2, p. 229, 2020.
J. Hutagalung, “Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 606–620, 2022.
D. Darmansah and N. W. Wardani, “Analisis Pesebaran Penularan Virus Corona di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Metode K-Means Clustering,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 105–117, 2021.
H. Haviluddin, et al., “Implementasi Metode K-Means untuk Pengelompokkan Rekomendasi Tugas Akhir,” Informatika Mulawarman Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 16, no. 1, p. 13, 2021.
S. Hajar, et al, “Penerapan K-Means Clustering pada ekspor minyak kelapa sawit menurut negara tujuan,” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2020, pp. 314–318, 2020.
A. Sulistiyawati and E. Supriyanto, “Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 25, 2021.
R. Supardi and I. Kanedi, “Implementasi Metode Algoritma K-Means Clustering pada Toko Eidelweis,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 270–277, 2020.
R. P. Primanda, A. Alwi, and D. Mustikasari, “Data Mining Seleksi Siswa Berprestasi untuk Menentukan Kelas Unggulan Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus di MTS Darul Fikri ),” KOMPUTEK, vol. 5, no. 1, p. 88, 2021.
M. I. Zuhendra, R. Hidayat, H. Hendrawaty, “Penerapan Data Mining Untuk Klasterisasi Tingkat Kemiskinan Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ),” SKANIKA (Sistem Komputer dan Teknik Informatika), vol. 7, pp. 32–41, 2024.
D. A. Suraya, Muhammad Sholeh, “Penerapan Metode Clustering Dengan Algoritma K-means Pada Pengelompokan Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa,” SKANIKA (Sistem Komputer dan Teknik Informatika), vol. 6, no. 6, pp. 51–60, 2023.
D. P. Utomo and M. Mesran, “Analisis Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining dan Reduksi Atribut Pada Data Set Penyakit Jantung,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 437, 2020.
I. T. Umagapi, et al., “Uji Kinerja K-Means Clustering Menggunakan Davies-Bouldin Index Pada Pengelompokan Data Prestasi Siswa,” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) 7, pp. 303–308, 2023.
F. Yunita, “Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru,” Jurnal SISTEMASI, vol. 7, no. 3, p. 238, 2018.