IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RC4 DAN BASE64 UNTUK MENGAMANKAN DATABASE SEKOLAH PADA SDN GROGOL UTARA 10

  • Abdul Kodir Teknik Informatika
  • Wahyu Pramusinto Teknik Informatika
Keywords: Kriptografi, Keamanan Data, Kriptografi RC4, Kriptografi Base 64, SDN Grogol Utara, Kriptografi Database

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan juga komunikasi dizaman saat ini dapat membawa pengaruh bebas terutama dibagian keamanan data ataupun informasi yang penting. Namun kemudahan dalam mengakses media komunikasi oleh siapapun, membawa dampak yang buruk bagi keamanan informasi data. Dan data menjadi sangat mudah untuk dicuri, dirusak dan juga diubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat para guru-guru SDN Grogol Utara 10 khawatir jika akan menggunakan aplikasi sekolah untuk menyimpan kedalam database, karena data dan informasi yang penting dan juga rahasia yang masih rentan terhadap pencurian dan juga penyalahgunaan oleh pihak tertentu bahkan dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar. Dari masalah tersebut maka yang dibutuhkan adalah suatu metode yang dapat melindungi data dan informasi. Oleh karena itu, dibuatlah suatu aplikasi sekolah yang bisa melindungi dan mengamankan data dan informasi. Didalam perancangan aplikasi ini, penulis ingin membuat suatu metode dengan cara proses enkripsi. Penulis akan menggunakan 2 (dua) algoritma kriptografi yaitu RC4 dan BASE 64. Aplikasi yang dibuat ini menggunakan bahasa pemprograman PHP. Dengan aplikasi kriptografi dengan menggunakan metode RC4 dan BASE64 ini diharapkan informasi data yang disimpan kedalam aplikasi sekolah SDN Grogol Utara 10 akan aman dan tidak bocor kepada penyadap ataupun pihak yang tidak bertanggung jawab. Pada aplikasi ini, informasi yang di enkripsi adalah data siswa, data guru, mata pelajaran dan nilai. Berdasarkan implementasi ataupun pengujian program, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan juga dapat melindungi kerahasiaan data ataupun informasi. Dan Bermanfaat untuk guru sekolah SDN Grogol Utara 10 dalam menjalankan tugas pokok, fungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busran, M. P. (2012). Pengertian RC4. Padang: Jurnal Teknologi dan Informasi Pendidikan Vol. 5, No. 1 Maret 2012: 32-45.

Hayati, B. &. (2015). Implementasi Algoritma RC4 dan MD5 untuk Menjamin Confidentiality dan Integrity pada File Teks, Jurnal Teknik Informatika.

Kromodimoeljo. (2009). Proses Enkripsi dan Dekripsi, Depok.

Kurniawan, (2014). Algoritma Simetris, Surabaya.

Munir. (2009). Kriptografi Klasik. Penerbit Informatika, Bandung.

Siregar, H. &. (2016). Pengertian Database. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer Elrahma Yogyakarta.

Nugroho, A. &. (2016). Aplikasi Keamanan Email Menggunakan Algoritma RC4. Jurnal Jurusan Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma.

Silalahi. (2015). Scytale. Retrieved from http://desijugul.blogspot.com/2015/04/algoritma-kriptografi-klasik.html, diakses tanggal 7 Februari 2019.

Siswanto, M. A. (2018). Penerapan Algoritma Kriptografi Tea dan Base64 untuk Mengamankan Email. Jurnal ELTIKOM.
Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
A. Kodir and W. Pramusinto, “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RC4 DAN BASE64 UNTUK MENGAMANKAN DATABASE SEKOLAH PADA SDN GROGOL UTARA 10”, SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 7-14, Jan. 2021.