Panduan Penulis

Pengiriman Naskah ke Jurnal Skanika harus melalui http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai PUEBI, harus sesuai dengan template yang disediakan dan mengikuti sistematika Penulisan dengan sekurang-kurangnya meliputi Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terimakasih (jika ada), dan Daftar Pustaka. Template Penulisan dapat didownload disini.

 Instruksi:

  1. Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan jumlah halaman minimal 10 halaman, maksimal 15 halaman termasuk tabel dan gambar, serta dengan mengacu pada tata cara penulisan sebagaimana tersusun dalam makalah ini. Margin halaman adalah 3 cm atas-bawah, kiri, dan kanan.

  2. Gunakan font Times New Roman di semua teks, dengan ukuran font seperti yang dicontohkan dalam panduan penulisan ini. Spasi tunggal atau 1 (spasi) dan isi teks atau teks menggunakan rata kanan kiri (Justify). Sub Judul menggunakan Times New Roman 11 tebal.

  3. Tabel harus diberi nomor sesuai urutan penyajiannya (Tabel 1, dll.). Judul tabel ditulis di atas tabel dengan rata tengah. Ukuran Font yang digunakan adalah 9pt, judul tabel maupun isi tabel berukuran 8pt. Tabel harus direferensikan dan direferensikan dalam teks. Tabel tidak menggunakan garis vertikal.

  4. Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar 1, dll.). Judul gambar ditempatkan di bawah gambar rata tengah. Ukuran font yang digunakan pada judul gambar adalah 9pt. Gambar harus direferensikan dan direferensikan dalam teks.

  5. Daftar Pustaka hanya berisi sumber-sumber yang dirujuk dan semua sumber yang dirujuk harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Sumber referensi minimal 80% adalah artikel jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir minimal 10 jurnal dan buku-buku 10 tahun terakhir. Referensi yang digunakan adalah sumber primer berupa artikel penelitian di jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, skripsi, disertasi). Minimalkan penggunaan buku sebagai sumber referensi. Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Terakreditasi atau terindeks di jurnal ternama direkomendasikan untuk digunakan sebagai referensi. 

  • Tidak perlu dikelompokkan berdasarkan buku, jurnal, surat kabar, atau berdasarkan jenis publikasi lainnya.
  • Kutipan menggunakan gaya IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
  • Gunakan aplikasi MENDELEY untuk Kutipan.

Sistematika Penulisan Naskah Artikel:

  1. Judul, Judul ditulis dengan Font Times New Roman 14, (Maks 14 Kata: Bahasa Indonesia). Judul harus jelas dan ringkas. Huruf dari judul yang menggunakan huruf besar dan cetak tebal.
  1. Nama Penulis dan Afiliasi, Nama Penulis ditulis dengan jelas tanpa gelar. Jika penulis lebih dari satu orang, maka antara penulis satu dengan penulis selanjutnya diberi tanda koma (,). Penulis Pertama diberi nomor 1(superscript) diakhir nama, penulis kedua diberi nomor 2(superscript). Penomoran judul dengan sistem Arabic dengan sub-judul hingga maksimal 3 tingkat.
Sebagai berikut:
Penulis1, Penulis2
1Fakultas, Program Studi, Nama Institusi, Kota, Indonesia
2Fakultas, Program Studi, Nama Institusi, Kota, Indonesia
1NamaPenulis1@institusi.ac.id, 2NamaPenulis2@institusi.ac.id
Note : (*Jika paper merupakan hasil KKP, tugas akhir atau Tesis maka penulis pertama adalah  mahasiswa dan penulis berikutnya adalah dosen pembimbing, email mahasiswa menggunakan email kampus si mahasiswa jika ada)
  1. Alamat Email Korespondensi, Tuliskan alamat email untuk masing-masing penulis. Berikan tanda asterisk (*) pada email penulis korespondensi.
  1. Abstrak, Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, minimal 150 kata dan maksimal 200 kata. Judul Abstrak ditulis dalam Font Times New Roman 10pt dan Abstrak 9pt spasi 1, 1 paragraf, cetak miring untuk abstrak Bahasa Inggris dan cetak lurus (bahasa Indonesia), dan format satu kolom.
Kata Kunci (Keywords), Kata Kunci ditulis dalam 3-5 kata frase unik yang relevan dan mewakili artikel ini, ditulis dengan huruf kecil kecuali singkatan, dan dipisahkan dengan tanda baca koma (,) antar kata.
Contoh: Kata kunci: sistem pakar, augmented reality, IoT, [maksimal 5 kata kunci]
  1. Pendahuluan, Pendahuluan harus memberikan latar belakang singkat tentang masalah dan literatur untuk mencatat solusi atau metode yang tersedia dari penelitian sebelumnya. Penulis harus menyatakan tujuan penelitian di akhir pendahuluan.
  1. Metode Penelitian, Metode Penelitian berisi tentang tahapan penelitian yang menggambarkan urutan logis untuk mendapatkan hasil penelitian sesuai dengan harapan dan gambaran sistem.

    (Dapat mencakup analisis, arsitektur, metode yang digunakan untuk memecahkan masalah, implementasi).

  1. Hasil dan Pembahasan Hasil dan Pembahasan penelitian memuat hasil analisis data, pengujian, dan disajikan secara singkat dan jelas terkait dengan Solusi dari permasalahan penelitian dibagian sebelumnya dan pekerjaan penelitian dimasa mendatang.
  1. Kesimpulan Kesimpulan berisi temuan penelitian berupa jawaban atas permasalahan / tujuan penelitian atau berupa ringkasan hasil pembahasan. Kesimpulan tidak diperkenankan mengulang penyebutan masalah atau definisi teori dan berikan saran untuk penelitian selanjutnya.
  1. Daftar Pustaka, memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel.
Ketika mengacu pada item referensi, silakan menggunakan nomor referensi saja, seperti dalam [2]. Jangan menggunakan "Ref. [3]" atau "Referensi [3]" kecuali pada awal kalimat, misalnya "Referensi [3] menunjukkan bahwa ...". Beberapa referensi masing-masing nomor dengan kurung terpisah (misalnya [1], [3], [4] - [6]). Beberapa contoh item referensi dengan kategori yang berbeda ditampilkan dalam bagian Referensi meliputi:
  • Contoh untuk buku pada [1] dengan urutan Penulis, “Judul (Italic)”, Edisi, Editor, Kota Terbit, Penerbit, Tahun
  • Contoh sebuah Bab dalam buku di [2] dengan urutan Penulis, “Judul Bab”, Judul Buku, Editor, Kota Terbit, Penerbit, Tahun, Halaman.
  • Contoh artikel jurnal di [3] dengan urutan Penulis, Judul, “Nama Jurnal (Italic)”, Volume, Halaman, Tahun
  • Contoh paper seminar di [4] dengan urutan Penulis, ”Judul”, Nama Prosiding, Tahun, Halaman.
  • Contoh website di [5] dengan urutan Tahun, Nama Web. [Online]. Available: URL
  • Contoh skripsi/tesis di [6] dengan urutan Penulis, “Judul,” Skripsi/Tesis, Fakultas, Universitas, Kota, Negara, Tahun.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

[1] M. Metev and V. P. Veiko, Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed., R. M. Osgood, Jr., Ed. Berlin, Germany:  Springer-Verlag, 1998.
[2] A. Sanchez, S. Uremovich, dan P. Acrogliano, “Mining Tuberculosis Data,” in Data Mining and Medical Knowledge Management : Cases and
Applications
, R. Bellazzi, R. Jirousek, K. Mourik, J. Paralik, L. Torgo, dan B. Zupan, Eds. Hersey, New York: Medical Information Science
Reference, 2009, pp. 332–349.
[3] Zhang, C. Zhu, J. K. O. Sin, and P. K. T. Mok, “A novel ultrathin elevated channel low-temperature poly-Si TFT,” IEEE Electron Device Lett.,
vol. 20, pp. 569–571, Nov. 1999.
[4] Wegmuller, J. P. von der Weid, P. Oberson, and N. Gisin, “High resolution fiber distributed measurements  with coherent OFDR,” in Proc. <brECOC’00, 2000, paper 11.3.4, p. 109.
[5] (2002) The IEEE website. [Online]. Available: http://www.ieee.org/
[6] Karnik, “Performance of TCP congestion control with rate feedback: TCP/ABR and rate adaptive TCP/IP,” M. Eng. thesis, Indian Institute of Science, Bangalore, India, Jan. 1999.