PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE (E-COMMERCE) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA TOKO JAKSQUARE
DOI:
https://doi.org/10.36080/idealis.v3i1.1863Keywords:
E-Commerce, Content Management System, Bussines Model Canvas, Persija, Toko Jaksquare, Fashion Sepak Bola PersijaAbstract
Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) membawa banyak perubahan terhadap sektor aktivitas bisnis yang selama ini dijalankan di dunia nyata. Perubahan tersebut merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan perdagangan tanpa harus datang ke tempatnya dan diartikan sebagai proses pembelian, penjualan produk dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan komputer. Penelitian ini mengambil studi kasus pada toko Jaksquare yaitu toko resmi The Jakmania atau pendukung tim sepak bola Persija Jakarta yang bergerak didalam bidang fashion yang menjual berbagai macam pakaian dan aksesoris tim sepak bola Persija Jakarta. Sistem penjualan pada toko Jak Square untuk saat ini dalam pemasarannya hanya melalui media sosial dan dalam pembuatan laporan yang dilakukan masih berupa pembukuan, dimana pemilik toko masih kurang teliti dalam melakukan pencatatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi penjualan online (E-Commerce) menggunakan Content Management System (CMS) yaitu Wordpress. Penilitian ini menggunakan metode Bussines Model Canvas (BMC) yang memudahkan toko untuk menentukan strategi bisnis ke depannya dan membantu dalam kelangsungan produksi dan penjualannya. Hasil dari penelitian ini adalah menerapkan website E-Commerce untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi tanpa adanya batasan waktu dan tempat, serta dapat membantu toko Jak Square dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran produknya.
Downloads
References
Yunita, I., & Suryani, L. Perancangan E-Commerce Batik Pada Batik Banten. 1(2), 2018, 66–81.
Syamsuddin, I., & Nur, R. Pemanfaatan cms open source pada lembaga dakwah, 2017, 357–360.
Priska, L., & Harjanti, D. Strategi Pengembangan Bisnis Pada Depot Selaris Dengan Pendekatan Business Model Canvas, 3(2), 2015, 292–301.
Haryanti, S., & Irianto, T., Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus, 3(1), 2011, 8–14.
Hendini, A. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Stidu Kasus: Distro Zhezha Pontianak), IV(2), 2016, 107–116.