ANALISA DAN PERANCANGAN MOBILE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (M-CRM) BERBASIS ANDROID STUDI KASUS APLIKASI PEDULI SEKITAR

  • Arie Kusumawardhani Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Mobile Cutomer Relationship (M-CRM), meningkatkan loyalitas, donasi, lembaga sosial

Abstract

Aplikasi Peduli Sekitar merupakan salah satu aplikasi android yang dikembangkan dengan tujuan sebagai sarana bagi donatur untuk mendapatkan informasi berupa detil kebutuhan, lokasi, dan profil mengenai yayasan atau lembaga sosial terkait. Aplikasi Peduli Sekitar akan berusaha menjadi rekan yang baik agar dapat memberikan pelayanan terbaik tanpa mengurangi kualitas, mutu dan kenyamanan. Salah satu masalah yang dihadapi Aplikasi Peduli Sekitar saat ini adalah belum memadainya fitur yang dapat memungkinkan donatur untuk mengetahui informasi terkait lembaga sosial secara real time serta tidak tersedianya transaksi yang dapat dilakukan donatur untuk melakukan donasi secara langsung kepada yayasan atau lembaga sosial. Maka penanganan dari masalah tersebut, di perlukan sebuah Sistem Informasi M-CRM. Dengan rancangan sistem Mobile Customer Relationship Management (M-CRM), diharapkan dapat menyelesaikan masalah menurunnya loyalitas donatur dan sulitnya memperoleh donatur baru yang dialami oleh Aplikasi Peduli Sekitar. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Android, PHP dengan framework Laravel dan database MySQL. Dengan diterapkanya sistem berbasis mobile melalui pendekatan mobile customer relationship management (M-CRM) diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada Peduli Sekitar sehingga dapat meningkatkan loyalitas donatur dalam mempercayakan kegiatan berdonasinya pada aplikasi Peduli Sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
A. Kusumawardhani and B. Sartana, “ANALISA DAN PERANCANGAN MOBILE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (M-CRM) BERBASIS ANDROID STUDI KASUS APLIKASI PEDULI SEKITAR”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 169-176, Nov. 2018.