Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Kargo Berbasis Desktop Studi Kasus: PT Cahaya Multitran Abadi

  • Lukas Ono Harsongko Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Safitri Juanita Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: PT Cahaya Multitran Abadi, Sistem Informasi Jasa Pengiriman, Sistem Pengiriman Kargo, Sistem Informasi Berbasis Desktop, Sistem Enterprise, Sistem Enterprise Jasa Pengiriman

Abstract

PT Cahaya Multitran Abadi adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pada bagian pengiriman barang yang memberikan pelayanan mulai dari pickup Kargo, Packing, serta pengiriman kargo melalui transportasi darat, laut, dan udara ke seluruh wilayah di Indonesia. Permasalahan yang ada, yaitu PT. Cahaya Multitran Abadi mengalami kesulitan dalam mengolah data permintaan dan pengiriman barang. Hal ini dikarenakan data permintaan dan pengiriman yang ada diolah menggunakan Aplikasi Microsoft Excel, sehingga membuat proses pengolahan data permintaan dan pengiriman yang berulang-ulang. Masalah lain yang timbul diantaranya selama ini perhitungan laba setelah terjadinya pengiriman kargo atau After calculate masih menggunakan Micorsoft Excel sehingga tidak efisien dan memakan waktu serta pembuatan laporan dilakukan selama 2 hari kerja sehingga tidak efektif dan efisien. Pada penelitian ini, Aplikasi dibangun menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall, dengan tahapan yaitu observasi, pengumpulan data, menganalisa masalah dan dokumen, membangun basis data, coding dan implementasi. Pemodelan sistem dibantu dengan menggunakan metode perancangan berbasis object oriented dengan alat bantu yaitu, UML (Unified Modeling Language) dan ERD (Entity Relationship Diagram). Pemecahan masalah berupa permbaharuan rancangan yang telah terkomputerisasi dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET dan basis data MySql. Kesimulan penelitian ini adalah dengan aplikasi ini dapat mengurangi human error atau kesalahan pegawai dalam menginput data dengan adanya penomoran pada setiap transaksi dan juga mengurangi penumpukan data karena aplikasi di buat dengan basis data dan juga dapat mempermudah pembuatan laporan yang selama ini tidak terlalu efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
L. Harsongko and S. Juanita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Kargo Berbasis Desktop Studi Kasus: PT Cahaya Multitran Abadi”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 281-288, Nov. 2018.