PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN STUDI KASUS BENGKEL ASTRIDO TOYOTA PONDOK CABE

  • Fauzi Setyaji Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Electronic Customer Relationship Management, Astrido Toyota Pondok Cabe, Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Abstract

Berkembangan bisnis sudah memasuki dunia baru, dimana peran teknologi informasi sebagai indikator dengan tujuan memuaskan pelanggan dan mempertahankan pelanggan loyal. Saat ini perusahaan harus lebih menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang loyal agar terciptanya loyalitas dari pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan pilihan yang tepat sehingga perusaaan dapat menciptakan hubungan yang baiik dan saling menguntungkan dengan pelanngan. Bengkel Astrido Toyota Pondok Cabe merupakan bidang jasa perusahaan yang memiliki pelayanan perawatan mobil atau service pada bengkel dan penjualan suku cadang atau sparepart. Beberapa kendala ditemukan terhadap pelanggan. Mulai dari sulit mendapatkan pelanggan baru, sulit mengidentifikasi pelanggan yang sering melakukan transaksi, belum adanya penyampaian informasi jadwal service berkala kepada pelanggan, dan penyampian keluhan hanya melalui lisan. Oleh karena itu, diperlukannya sebuah sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis website yang menyediakan sarana interface antara pelanggan dengan pihak bengkel Atrido Toyota Pondok Cabe sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan bagi perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
F. Setyaji and B. Sartana, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN STUDI KASUS BENGKEL ASTRIDO TOYOTA PONDOK CABE”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 304-311, Nov. 2018.