ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BAHAN BAKU DENGAN MODEL ELECTRONIC SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (E-SCM) PADA PT. HASSANA BOGA SEJAHTERA GUNA MENGATASI KETERLAMBATAN PRODUKSI

  • Fikri Nur Adam Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-SCM, Supply Chain Management, Pengadaan Bahan, PT.Hassana Boga Sejahtera

Abstract

Manajemen rantai pasok adalah satu sistem pada suatu organisasi untuk menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada pelanggan. Didalam manajemen rantai pasok jika ada suatu rantai yang terhambat maka akan berpengaruh kepada yang lain. Salah satu yang penting dalam manajemen rantai pasok ialah manajemen pengadaan bahan baku, jika dalam melakukan pengadaan bahan baku terhambat, maka proses produksi akan mengalami keterlambatan. Bagian PPIC pada PT. Hassana Boga Sejahtera merupakan bagian yang bertanggung jawab mengawasi ketersedian bahan baku dan inventori control, ketidak sesuaian data pada kartu stok dan jumlah bahan yang ada pada gudang akan menyebabkan proses produksi terhambat. Oleh karena itu dalam manajemen pengadaan bahan baku perlu diadakan sebuah aplikasi sistem informasi yang dapat memberikan informasi stok bahan baku dan informasi batas pembayaran. Dalam melakukan penelitian ini, penulis melewati beberapa tahapan, yaitu wawancara dengan stakeholder, observasi langsung, analisa proses yang ada, pengumpulan dokumen, studi kepustakaan, analisa dokumen berjalan dan perancangan sistem. Berdasarkan masalah yang ada, maka diperlukan sebuah sistem informasi dengan konsep supply chain management berbasis web dengan. Penulis berharap sistem ini dapat menyelesaikan masalah yang ada pada PT. Hassana Boga Sejahtera.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
F. Adam and Y. Yuliazmi, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BAHAN BAKU DENGAN MODEL ELECTRONIC SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (E-SCM) PADA PT. HASSANA BOGA SEJAHTERA GUNA MENGATASI KETERLAMBATAN PRODUKSI”, IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 99-105, Mar. 2018.
Section
Table of Content