IMPLEMENTASI ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM DENGAN KONSEP ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PT. AS-SALAM MULYA AL-HAROMAIN
Abstract
Suatu bisnis saat ini akan dapat berhasil apabila didukung oleh teknologi. Selain untuk membantu kegiatan operasional perusahaan, tetapi juga untuk membantu dalam menghadapi persaingan antar perusahaan yang semakin ketat. Salah satu strategi bisnis dalam menghadapi persaingan tersebut adalah menciptakan loyalitas pelanggan. Untuk menciptakan loyalitas pelanggan perusahaan harus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Customer relationship management (CRM) merupakan salah satu model manajemen yang mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dalam strategi bisnis. PT. As-Salam Mulya Al-Haromain merupakan penyelenggara travel umroh dan haji yang berdiri sejak tahun 2008. Model Customer relationship management (CRM) dibutuhkan pada perusahaan ini untuk meningkatkan loyalitas jemaah. Sampai saat ini perusahaan sulit untuk mendapatkan jemaah baru dan menciptakan loyalitas jemaah. Faktor-faktor yang menyebabkan masalah tersebut adalah penanganan komplain yang kurang baik karena penyampaian komplain masih di lakukan secara lisan sehingga tidak dapat di buatkan laporan untuk melihat perkembangan perusahaan, perusahaan sulit membangun komunikasi kepada jemaahnya sehingga jemaah tidak terlayani dengan baik, informasi paket yang di berikan seringkali tidak ter update dan proses pendaftaran yang masih dilakuakan secara manual sehingga membuat jemaah yang Tidak Memiliki Waktu Luang Yang Banyak Sulit Mendaftarkan Diri Di Travel PT.As-Salam Mulya Al-Haromain. Pembuatan rancangan sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasi web sangat diperlukan untuk keperluan integrasi antara perusahaan dengan pelanggan sehingga dapat menjawab semua permasalahan yang ada pada perusahaan PT. As-Salam Mulya Al-Haromain.