RANCANGAN SISTEM INFORMASI SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS PADA BALAI TEKNOLOGI AIR DAN LIMBAH DENGAN BERBASIS APLIKASI WEB

  • Rendi Handika Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi, aplikasi perjalanan dinas, laporan perjalanan dinas

Abstract

Sampai saat ini, Balai Teknologi Pengolahan Air dan Limbah (BTPAL) - BPPT belum memiliki aplikasi khusus yang membantu Sub Bagian Tata Usaha dalam melakukan tata kelola perjalanan dinas pegawai. Hal ini karena proses tata kelola perjalanan dinas pegawai saat ini menggunakan pencatatan manual dengan bantuan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Untuk itu diperlukan pengembangan aplikasi sistem informasi perjalanan dinas pegawai. Adapun proses-proses yang dilakukan dalam pembuatan sistem informasi surat perintah perjalanan dinas adalah studi literatur, pengumpulan data, identifikasi kebutuhan, perancangan dan desain sistem, implementasi atau coding, pengujian dan testing, serta dokumentasi pelaporan. Sistem informasi surat perintah perjalanan dinas ini mempunyai fungsi-fungsi yang digukanan user yakni master data pegawai, standar biaya dinas, pembuatan surat tugas, pembuatan surat perjalanan dinas, biaya dinas, rincian bukti kas dinas, laporan hasil dinas, serta laporan semua data perjalanan dinas. Dengan adanya sistem informasi surat perintah perjalanan dinas diharapkan dapat membantu Sub Bagian Tata Usaha dalam membuat berkas laporan perjalanan dinas pegawai, memeriksa data kegiatan perjalanan dinas pegawai, memudahkan proses penyimpanan data berkas perjalanan dinas secara sistematis dan terstruktur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
R. Handika and A. Widjaja, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS PADA BALAI TEKNOLOGI AIR DAN LIMBAH DENGAN BERBASIS APLIKASI WEB”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 416-422, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>