SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER PERANGKAT SOSIALISASI TERBAIK PADA KEDEPUTIAN BIDANG PENGAWASAN INTERNAL DAN PENGADUAN MASYARAKAT KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Widiastutik Widiastutik Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yudi Santoso Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Komisi Pemberantasan Korupsi, Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat, Pemilihan Supplier Pengadaan Perangkat Sosialisasi, Perancangan SPK Pemilihan Supplier

Abstract

Dalam pengadaan barang sering dihadapkan pada masalah pemilihan supplier yang benar-benar dapat diandalkan perusahaan. Beberapa faktor yang mendorong kelancaran proses pengadaan antara lain yaitu keberadaan supplier. Hal ini berkaitan dengan fungsi supplier sebagai pemasok barang yang seringkali tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan karena keterlambatan waktu pengiriman, kualitas barang yang dikirim tidak sesuai permintaan dan tidak menutup kemungkinan supplier tidak dapat menyediakan barang yang diminta oleh perusahaan. Ini membuat perusahaan harus pandai memilih supplier yang tepat. Kedeputian Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat di Komisi Pemberantasan Korupsi, bertugas memberikan sosialisasi kepada Kementerian/Lembaga maupun masyarakat luas mengenai prosedur pelaporan pengaduan korupsi yang terjadi di sekitar. Untuk mendukung kegiatan ini, perlu diadakan perangkat sosialisasi yang nantinya akan digunakan untuk memberikan apresiasi kepada pelapor, dan kegiatan lainnya. Untuk memfasilitasi Kedeputian Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat dalam menentukan supplier yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, diperlukan sistem atau metode yang tidak hanya memprioritaskan subjektivitas tetapi menggunakan data sebagai referensi dalam memilih supplier, sehingga hasilnya bisa lebih efektif dan akurat. Untuk itu dibuatlah sebuah sistem penunjang keputusan dengan menggunakan perhitungan metode SAW yang bertujuan untuk mempermudah dan memberikan pilihan supplier yang tepat dan diharapkan juga membantu mengatasi masalah yang ada dalam pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutabri, Tata. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 2012.

Vercellis, Carlo. Business Intelligence: Data Mining and Optimization for Decision Making. United Kingdom: John Wiley & Sons. 2009.

Kusumadewi, Sri, S Hartati, A Harjoko, and R Wardoyo. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.

Pradipta, and Diana. “Sistem Penunjang Keputusan Supplier Pada Apotek Dengan Metode AHP Dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ).” Universitas Budi Luhur Jakarta. 2017.

Nardiono. “B. Komparasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dan Metode Weighted Product (WP) Dalam Menentukan Karyawan Terbaik (Studi Kasus: PT. Matrixnet Global Indonesia.” Universitas Pamulang. 2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
W. Widiastutik and Y. Santoso, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER PERANGKAT SOSIALISASI TERBAIK PADA KEDEPUTIAN BIDANG PENGAWASAN INTERNAL DAN PENGADUAN MASYARAKAT KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 288-294, Jan. 2020.