IMPLEMENTASI ALGORITME TOPSIS UNTUK PEREKRUTAN KARYAWAN PADA PT. MITRA BUANA KOORPORINDO

  • Jarot Eko Prasetyo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, SPK Rekrutmen Calon Karyawan, PT. Mitra Buana Koorporindo, Topsis, Aplikasi SPK Berbasis Web

Abstract

Sumber Daya Manusia yang berkualitas merupakan kunci kesuksesan dan keberhasilan sebuah badan usaha ataupun perusahaan. Untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas maka diperlukan proses seleksi calon karyawan yang benar-benar sesuai prosedur dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses yang terjadi selama ini pada PT. Mitra Buana Koorporindo pada saat perekrutan karyawan dilakukan dengan mengecek satu persatu dokumen lamaran yang dikirimkan oleh para pelamar. Sehingga berdampak pada lamanya proses pengecekan berkas, juga adanya penilaian subyektif kepada para pelamar sehingga calon karyawan yang terpilih tidak memenuhi standar dari kebutuhan perusahaan. Hal ini mengakibatkan Sumber Daya Manusia menjadi tidak berkualitas. Pada penelitian ini menggunakan Algoritme TOPSIS dalam menghitung nilai dari masing-masing calon karyawan yang akan dipilih. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem penunjang keputusan yang berbasis web dan menghasilkan bentuk keluaran berupa perangkingan dari masing-masing calon karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mega Octa Setyawatie dan Amat Suroso. Jurnal Teknologi Terpadu Vol. 2 No. 1. Juli 2016. ISSN 2477-0043.

Lie Jasa dan I Nyoman Mahayasa Adiputra. 18-19 Maret 2019. Sistem Penunjang Keputusan Perekrutan Pegawai Menggunakan Perangkingan Madm Topsis dan Klasifikasi Naïve Bayes. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016) ISSN: 2089-9815. Yogyakarta.

Siagian Yessica. Juni 2018. Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Topsis, Jurnal Mantik Penusa, Vol 2, No 1, ISSN 2580-9741.

Aliy Hafiz, Muhammad Ma’mur, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Pendekatan TOPSIS (Studi Kasus: PT. Telkom Cab. Lampung). Jurnal Cendikia Vol. XV | Cendikia 2018, ISSN:0216-9436.

Hilyah Magdalena, 2012, Jurnal Sistem Pendukug Keputusan, 10 Maret 2012.

Nur Aini dan Fahrul Agus, 2017. Penerapan Metode TOPSIS Dan Analytic Hierarchy Process Untuk Pemilihan Koperasi Berprestasi, Jurnal Infotel 9(2).

Turban, Decision Support System and Intelligent System. 9th ed. 2010.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
J. Prasetyo and A. Widjaja, “IMPLEMENTASI ALGORITME TOPSIS UNTUK PEREKRUTAN KARYAWAN PADA PT. MITRA BUANA KOORPORINDO”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 356-360, Jan. 2020.