PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE (E-COMMERCE) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA TOKO JAKSQUARE

  • Rizky Dharmawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Content Management System, Bussines Model Canvas, Persija, Toko Jaksquare, Fashion Sepak Bola Persija

Abstract

Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) membawa banyak perubahan terhadap sektor aktivitas bisnis yang selama ini dijalankan di dunia nyata. Perubahan tersebut merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan perdagangan tanpa harus datang ke tempatnya dan diartikan sebagai proses pembelian, penjualan produk dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan komputer. Penelitian ini mengambil studi kasus pada toko Jaksquare yaitu toko resmi The Jakmania atau pendukung tim sepak bola Persija Jakarta yang bergerak didalam bidang fashion yang menjual berbagai macam pakaian dan aksesoris tim sepak bola Persija Jakarta. Sistem penjualan pada toko Jak Square untuk saat ini dalam pemasarannya hanya melalui media sosial dan dalam pembuatan laporan yang dilakukan masih berupa pembukuan, dimana pemilik toko masih kurang teliti dalam melakukan pencatatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi penjualan online (E-Commerce) menggunakan Content Management System (CMS) yaitu Wordpress. Penilitian ini menggunakan metode Bussines Model Canvas (BMC) yang memudahkan toko untuk menentukan strategi bisnis ke depannya dan membantu dalam kelangsungan produksi dan penjualannya. Hasil dari penelitian ini adalah menerapkan website E-Commerce untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi tanpa adanya batasan waktu dan tempat, serta dapat membantu toko Jak Square dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yunita, I., & Suryani, L. Perancangan E-Commerce Batik Pada Batik Banten. 1(2), 2018, 66–81.

Syamsuddin, I., & Nur, R. Pemanfaatan cms open source pada lembaga dakwah, 2017, 357–360.

Priska, L., & Harjanti, D. Strategi Pengembangan Bisnis Pada Depot Selaris Dengan Pendekatan Business Model Canvas, 3(2), 2015, 292–301.

Haryanti, S., & Irianto, T., Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus, 3(1), 2011, 8–14.

Hendini, A. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Stidu Kasus: Distro Zhezha Pontianak), IV(2), 2016, 107–116.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
R. Dharmawan and G. Gata, “PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE (E-COMMERCE) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA TOKO JAKSQUARE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 132-138, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)