IMPLEMENTASI E – COMMERCE MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN IFML PADA DISTRO MR BRO
Abstract
E-Commerce dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis seperti suatu proses pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dengan menggunakan teknologi elektronik seperti komputer, handphone, laptop atau internet. Oleh karena itu di bangunlah sebuah aplikasi penjualan berbasis web yang memanfaatkan E Commerce untuk menunjang pengoptimalan tingkat penjualan. Distro Mr Bro menyediakan baju, kemeja, dan celana untuk pria. Sudah menjalani usahanya selama 5 tahun. Distro Mr Bro masih memiliki beberapa kekurangan dalam rangka menunjang proses transaksi penjualan barang. Transaksi yang saat ini digunakan hanya sebatas konsumen datang ke toko sehingga masih kurang dalam memperbanyak tingkat penjualan barang. Metode yang digunakan dalam pembuatan e-commerce ini menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) bertujuan agar dapat menyusun strategi untuk membuat tokonya telihat berbeda dari pesaingnya dan dapat mengambil langkah untuk mencapai tujuan bisnisnya. Distro Mr Bro menerapkan metode Interaction Flow Modelling Language (IFML) untuk mendukung interaksi pengguna dan mengatur perilaku dari front-end website e-commerce yang dibuat. Dengan dibuatnya website e-commerce pada Distro Mr Bro akan meningkatkan penjualan yang lebih maksimal dan cakupan pemasaran akan semakin meluas.