IMPLEMENTASI ELECTRONIC RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA BEAUTY KARLINA SALON UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN MENARIK PASIEN BARU

  • Sarita Fabriani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Safitri Juanita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Customer Relationship Management (CRM), CRM Loyalitas dan Pasien Baru, CRM Berbasis Web, Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), Aplikasi E-CRM, E-CRM Salon Kecantikan, E-CRM Salon

Abstract

Banyak perusahaan menggunakan banyak cara dalam strategi untuk mengembangkan usaha mereka, salah satunya adalah melalui layanan customer. Beauty Karlina Salon merupakan salah satu layanan jasa kecantikan yang berusaha memberikan kualitas produk dan layanan untuk perawatan kulit yang sehat, aman, dan terpercaya. Masalah yang didapat dalam penelitian ini adalah belum efektifnya penanganan dan penyampaian komplain, tidak ada testimonial dari pasien lain dan kurang efektifnya media promosi yang digunakan mengakibatkan lokasi usaha kurang dikenali, sehingga usaha ini perlu memanfaatkan penggunaan teknologi informasi secara maksimal dengan ditambahnya suatu media yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pasien yaitu mengaplikasikan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Pengaplikasian sistem E-CRM ini dibangun dengan pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa fitur E-CRM yaitu fitur promosi, tukar poin, testimonial dan penanganan komplain sehingga dapat meningkatkan loyalitas pasien dan menarik pasien baru untuk datang ke Beauty Karlina Salon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosmawarni, N. Perancangan Sistem Rekomendasi untuk Pengembangan Aplikasi Salon Terpadu Berbasis Android. Jurnal Rekayasa Informasi, 6(1), 2017, pp. 61-70.

Hidayat, R. Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. Sisfotek Global, 4(2), 2014, p. 41–45.

Rosalina, V. et al. Pemodelan Eletronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Rumah Sakit. Jurnal PROSISKO, 5(2), 2018, pp. 87–91.

Abdurrahman, J. Hamdani, D. and Novantara, P. Impelementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut). Jurnal Nuansa Informatika, 12(1), 2018, pp. 29-36.

Babar, M., & Saitakela, M. (2019). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Klinik Valerie Beauty. Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), pp. 58-63.

Saeger, A. de, & Feys, B. (2015). The Ishikawa Diagram: Identify problems and take action (First Edit).

Wida Fridayanthie, E. and Mahdiati, T. (2016) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung)’, Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), pp. 126–138.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
S. Fabriani and S. Juanita, “IMPLEMENTASI ELECTRONIC RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA BEAUTY KARLINA SALON UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN MENARIK PASIEN BARU”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 381-385, Jan. 2020.