PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA PT. RADIO ELSHINTA

  • Ary Maulana Pratama Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Rusdah Rusdah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, PT. Radio Eshinta, SPK Pemilihan Karyawan Terbaik, Analytical Hierarchy Process (AHP), Pemilihan Karyawan Terbaik

Abstract

Kinerja karyawan yang tidak stabil sangat mempengaruhi hasil yang ingin dicapai perusahaan. PT. Radio Elshinta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jaringan radio siaran Indonesia yang berpusat di Jakarta, dimana perusahaan tersebut menyiarkan berita dan informasi yang aktual. Masalah yang terdapat dalam mengadakan sistem pemilihan karyawan terbaik adalah belum adanya bobot keriteria dan subkriteria beserta metode dalam pemilihan karyawan terbaik, sehingga sulit untuk menentukan karyawan terbaik yang tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem penunjang keputusan pemilihan karyawan terbaik dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penghitungan bobot subkriteria pada kriteria Personal skill yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Subkriteria Kreativitas dan inisiatif serta fleksibilitas 3,87%, kemampuan berfikir secara rasional dan kemauan untuk maju 28,78%, Disiplin kerja dan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas 17,52%, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama 8,52%, Kerajinan, ketekunan, kerapihan, kejujuran, & loyal dalam melaksanakan pekerjaan 17,59%, Kedewasaan, hormat kepada atasan dan stabilitas 8,7%, Rasa memiliki perusahaan 15,01% dengan hasil uji Consistency Ratio (CR) sebesar 0,0502. Sistem penunjang keputusan ini dibuat untuk memberikan informasi yang lebih jelas sehingga dapat memudahkan HRD Manager untuk memproses pemilihan karyawan terbaik pada PT. Radio Eshinta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wulandari, N. E., ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentu Karyawan (Agen)Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) ( Study Kasus : Kantor Cabang Ajb Bumiputera 1912 Lubuk Pakam )’, 9(3), pp. 178–189, 2015.

Firdaus, I. H., Abdillah, G. and Renaldi, F., ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik’, 2016(Sentika), pp. 440–445, 2016.

Muhaimin Hasanudin, Yansen Marli, B. H., ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus Pada Pt . Bando Indonesia )’, 6(3), pp. 91–96, 2018.

Marbun, M. and Bosker Sinaga (2018), “Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar | 1 STMIK Pelita Nusantara Medan.”, Naetty Siahaan and Tince Flora Manurung, Medan, CV. Rudang Mayang, 2018.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Pratama and R. Rusdah, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA PT. RADIO ELSHINTA”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 386-391, Jan. 2020.