PEMILIHAN SUPPLIER PADA APOTEK PUSAKA ARTA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Elfy Susanti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Rusdah Rusdah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Apotek Pusaka Arta, Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierachy Process (AHP), SPK Pemilihan Supplier Terbaik

Abstract

Supplier merupakan peran penting dalam bisnis yang bekerjasama dalam proses ketersediaan obat. Apotek Pusaka Arta merupakan salah satu apotek swasta dibawah naungan Koperasi Pegawai Perum Peruri, yang bergerak di bidang farmasi, dalam proses pengadaan obat-obatan pihak Apotek Pusaka Arta memiliki banyak supplier. Proses pemilihan supplier yang tidak mudah dan kurang tepat akan berdampak pada ketersediaan obat. Dalam menentukan supplier, Apotek Pusaka Arta hanya berdasarkan pada diskon yang ditawarkan dan pengiriman yang cepat sehingga proses pemilihan supplier tidak mudah dan juga penyimpanan yang dilakukan untuk menyimpan data supplier kurang memadai. Masalah dalam memenuhi pesanan obat (order) yang dapat merugikan apotek, seperti jumlah obat yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan, adanya kemasan yang rusak ,dan tanggal kadaluarsa yang dekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem penunjang keputusan supplier terbaik menggunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Hasil dari penelitian ini nilai bobot pada kriteria kemasan (0,1051), tanggal kadaluarsa (0,1619), waktu pengiriman (0,1127), jumlah kirim (0,2254), diskon (0,1932), tempo pembayaran (0,2017), dengan hasil uji consistensi ratio sebesar 0,0536. Sistem penunjang keputusan penentuan supplier terbaik yang dirancang dapat membantu dalam melakukan penilaian supplier terbaik yang lebih mudah, dan cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Y. Pradipta and A. Diana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Pada Apotek Dengan Metode AHP Dan SAW ( Studi Kasus Apotek XYZ ),” pp. 107–114, 2017.

C. Trimulia, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Pemilihan Supplier Obat Yang Tepat Dengan Metode Simple Additive Weighting,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 16, no. 1, pp. 37–42, 2018.

Y. Anis, H. Listiyono, and T. Khristianto, “Analytic Hierarchy Process (AHP) Sebagai Alat Untuk Pengambilan Keputusan (SPK) Seleksi Pemasok Obat-Obatan,” vol. 7, no. 2, pp. 92–101, 2015.

R. I. Handayani and Y. Darmianti, “Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tangerang,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 14, no. 1, pp. 1–8, 2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
E. Susanti and R. Rusdah, “PEMILIHAN SUPPLIER PADA APOTEK PUSAKA ARTA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 405-410, Jan. 2020.