PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK STUDI KASUS SMPN 161 JAKARTA

  • M. Irfan Fadhilah Sistem Informasi
  • Safitri Juanita Sistem Informasi
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process, Pemilihan Guru Terbaik

Abstract

SMP Negeri 161 Jakarta Selatan ber alamat di Jl. Delman Utama 1, Tanah Kusir. Selama ini, penilaian guru di SMP Negeri 161 Jakarta masih dilakukan manual, dengan cara guru penilai masuk ke tiap kelas membawa lembar penilaian kinerja guru yang akan dinilai pada saat guru memberi materi pembelajaran kepada siswa/i, setelah memberi penilaian maka guru penilai menyerahkan lembar penilaian ke bagian kurikulum untuk direkap. Lalu rekapan penilaian diserahkan ke kepala sekolah untuk ditandatangani dan dijadikan evaluasi setiap guru. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dibangun SPK dengan metode AHP. Tujuan dari penelitian ini ialah membangun sistem pendukung keputusan guna mempermudah Guru penilai dalam melakukan penilaian terhadap setiap guru, mengurangi tingkat kesalahan dalam pengambilan keputusan guru terbaik sehingga menghasilkan hasil yang lebih maksimal, dan dokumentasi menjadi lebih teratur dengan lengkap sehingga mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Kriteria yang ada pada SPK ini, yakni Pengetahuan Pekerjaan, Kemampuan Komunikasi, Motivasi, Kehadiran, Kejujuran, Tanggung Jawab. Pada saat pengembangannya, SPK ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL untuk Basis datanya. Kesimpulannya ialah dengan ada nya sistem ini, Kepala Sekolah mendapat kan masukan guru-guru mana yang layak dipilih sebagai guru terbaik, Sistem ini akan menghasilkan bobot kriteria dan bobot alternatif sehingga meminimalisir terjadinya ke tidak akuratan penilaian, Dan nanti akan ada fitur perangkingan pada sistem ini sehingga guru penilai dapat mengetahui hasil ranking guru yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-12
How to Cite
[1]
M. I. Fadhilah and S. Juanita, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK STUDI KASUS SMPN 161 JAKARTA”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 81-88, Dec. 2019.
Section
Decision Support System