PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA KELAS KARYAWAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

Authors

  • Ayu Purnama Sari Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur

Keywords:

Electronic Customer Relationship (E-CRM), meningkatkan loyalitas, Universitas

Abstract

Memberikan informasi perkuliahan khususnya pada mahasiswa kelas karyawan sangatlah penting mengingat keterbatasan waktu yang dimiliki oleh mahasiswa kelas karyawan. Saat ini penyampaian informasi perkuliahan sudah melalui website yang dimiliki Universitas Budi Luhur. Namun, kurangnya kesadaran mahasiswa dalam mengecek website tersebut membuat mahasiswa yang tertinggal berita mengenai informasi perkuliahan seperti informasi mengenai kehadiran dosen, informasi mengenai pengisian dan pembayaran KRS, informasi mengenai pengisian KPRS, informasi mengenai pembayaran angsuran serta belum adanya fitur pendaftaran kuliah dan fitur untuk melihat event yang berlangsung pada website tersebut. Maka dari itu, Universitas Budi Luhur terus berupaya meningkatkan komunikasi yang baik dengan para mahasiswa kelas karyawan. Untuk mengatasi masalah tersebut, di perlukan sebuah Sistem Informasi E-CRM yang berfokus kepada 3 tahapan E-CRM yaitu Acquire, Enchance, Retain. Berdasarkan hasil analisa dengan menerapkan E-CRM menghasilkan beberapa notifikasi yaitu Pengisian KRS, Pembayaran KRS, pengisian KPRS, pembayaran Angsuran, informasi dosen tidak hadir, notifikai pendaftaran serta fitur pendaftaran online dan fitur untuk memberikan informasi mengenai Universitas Budi Luhur. Dengan membangun sistem CRM ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang di alami Universitas Budi Luhur Kelas Karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-02

How to Cite

[1]
A. P. Sari and B. T. Sartana, “PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA KELAS KARYAWAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 472–478, Sep. 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>