SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN KINERJA KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHT PRODUCT PADA PT. STAR SERVICE INDONESIA

  • janah purwanti Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • deni mahdiana Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: SPK, AHP, WP, Pemilihan Kinerja Karyawan Terbaik

Abstract

Dalam penelitian ini akan membahas mengenai sistem penunjang keputusan untuk pemilihan kinerja karyawan terbaik pada PT. Star Service Indonesia. Terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam proses pemilihan kinerja karyawan terbaik yaitu mengalami kesulitan pada proses rekap dan belum adanya perankingan dari hasil penilaian akhir yang menyebabkan sulit untuk menentukan hasil kinerja karyawan terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu mengurangi masalah dan adanya unsur subjektifitas dalam pemilihan kinerja karyawan terbaik. Hasil dari penelitian ini merupakan sistem penunjang keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan perhitungan pairwise comparison antar kriteria untuk menentukan nilai bobot dari setiap kriteria dan metode Weight Product (WP) untuk menentukan nilai alternatif terbesar dari hasil pembobotan yang sudah ditentukan dalam proses perhitungan Weight Product (WP) atau perankingan. Keluaran yang akan dihasilkan dari sistem penunjang keputusan ini adalah laporan ranking urutan nilai alternatif dari yang tertinggi hingga alternatif dengan nilai terendah. Sistem penunjang keputusan pemilihan kinerja karyawan terbaik ini digunakan PHP Code Igniter sebagai alat pembuatan system dan MySQL sebagai databasenya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
janah purwanti and deni mahdiana, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN KINERJA KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHT PRODUCT PADA PT. STAR SERVICE INDONESIA”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 520-525, Sep. 2019.