PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA THE 3 ANGLE CORP

  • Maulana Nurdin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, The 3 Angle Corp, Content Management System, Penjualan barang untuk perawatan tubuh

Abstract

Saat ini, persaingan berbagai perusahaan dalam menjual produk semakin meningkat, terutama dalam
penjualan online. Perusahaan The 3 Angle Corp yang bergerak di bidang facial (perawatan tubuh), telah memiliki berbagai cabang, salah satunya di wilayah Tangerang Selatan. Dalam proses bisnisnya, perusahaan tersebut hanya memanfaatkan media Shopee dan Instagram sebagai media pemasaran produk. Adapun beberapa masalah yang dihadapi adalah media pemasaran produk kurang efektif, kurangnya kepercayaan pelanggan dalam melakukan transaksi, sering terjadi kesalahan dalam pencatatan yang belum terintegrasi pada satu sistem, dan informasi mengenai laporan kurang informatif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah E-Commerce melalui website untuk mengatasi masalah tersebut. Metode Business Model Canvas (BMC) digunakan sebagai analisis kekuatan dan kekurangan bisnis dalam perancangan E-Commerce. Untuk perancangan sistemnya menggunakan metode Unified Modeling Language (UML). Adapun sistem website E-Commerce untuk The 3 Angle Corp dibuat dengan Content Management System (CMS) dan aplikasi Wordpress, serta mengoptimasi situs melalui Search Engine Optimization (SEO). Teknik SEO digunakan untuk mengoptimalkan pencarian pada mesin pencari, sesuai dengan kata kunci yang telah diteliti, sehingga sistem website dapat ditampilkan di halaman awal di mesin pencari. Hal ini membuat pemasaran menjadi lebih efektif. Dengan dibuatnya E-Commerce melalui website semakin memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan secara online, pemasaran menjadi lebih efektif, pelanggan dapat lebih percaya untuk melakukan transaksi, pencatatan menjadi lebih terintegrasi pada satu sistem, dan laporan yang dihasilkan lebih bermanfaat

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Kosasi, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar,” in Prosiding SNATIF Ke-1, 2014, pp. 225–232.

A. Setiawan and S. Karya, “Rancang Bangun E-Commerce Berbasis Web Pada Cv.Wijayatama Kosmedik,” J. Inform. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 44–51, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JIB/article/view/514.

A. Haryati, “Perancangan E Commerce Subang Makeup Store Mengunakan Framework Codeigniter,” in Proceeding SENDIU 2020, 2020, pp. 371–377.

R. R. Y. Roza, N. Nafiyah, and M.W.Mahendra, “Sistem Penjualan Online Pada Dea Kosmetik Lamongan,” J-TIIES, vol. 1, no. 1, pp. 297–304, 2017.

A. P. P. Susanto and D. Oscar, “Pemodelan Sistem Informasi Penjualan Produk Kecantikan Secara Online Dengan Metode Rational Unified Process Studi Kasus : PT . Lautan Angsa Indonesia,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 222–227, 2018.

N. L. Ratniasih, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Produk Kecantikan Berbasis Web,” in Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015 STMIK STIKOM Bali, 2015, pp. 532–538.

S. Samsuni and E. Erfiyani, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Produk Kecantikan Dan Fashion Pada AC Fashion Style,” J. PROSISKO, vol. 5, no. 2, pp. 79–86, 2018.

M. R. Haiqal and Y. Yuliazmi, “Perancangan E-Commerce Pada Jeys Corner Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Business Model Canvas,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 2, pp. 9–14, 2020, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/2725.

R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (CMS),” Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index.

R. R. Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish, 2018.

V. Vysotska, V. B. Fernandes, and M. Emmerich, “Web Content Support Method in Electronic Business Systems.,” in COLINS, 2018, pp. 20–41.

H. Stern, D. Damstra, and B. Williams, Professional WordPress : Design and Development. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, 2010.

E. Oley, S. R. Sentinuwo, and A. A. E. Sinsuw, “Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran),” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 6, no. 4, pp. 159–170, 2017.

A. Osterwalder and Y. Pigneur, “Business model canvas,” Self Publ. Last, 2010.

A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. John Wiley & Sons, 2010.

Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
M. Nurdin and A. Diana, “PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA THE 3 ANGLE CORP”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 147-156, Jul. 2021.
Section
Table of Content