ANALISA DAN RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENILAIAN SISWA BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: SD NEGERI KUNCIRAN 9

  • Linda Ratna Sari Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Rusdah Rusdah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Nilai, Waterfall, Pengolahan Data

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis untuk mengetahui bagaimana proses berjalan pada penilaian siswa. Sejauh ini proses yang berjalan untuk pembuatan laporan penilaian masih menggunakan bantuan media aplikasi Microsoft Office dan untuk proses pencatatan penilaian siswa masih memberikan nilai secara tertulis, pada media penyimpanan data ada yang masih berupa buku maka jika ada data siswa dan nilai yang ingin diganti perubahan tersebut dilakukan dengan cara mencoret dari data lama ke data yang baru. Pencoretan tersebut membuat buku menjadi tidak bersih dan tidak rapi. Permasalahan lainnya pada proses pencarian data siswa memerlukan waktu 1 atau 2 jam karena jumlah data yang ada terbilang tidak sedikit. Dengan adanya beberapa masalah yang ada untuk memecahkan beberapa masalah tersebut maka diperlukan sistem yang terkomputerisasi, Penulis menganalisa dan merancang Sistem Informasi Penilaian Siswa menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio 2008, menggunakan MYSQL sebagai database dengan metodologi berorientasi obyek dan menggunakan metode Waterfall. Tujuan penulis menggunakan sistem terkomputerasi ini menjadi solusi mempermudah pengolahan nilai yang dapat meningkatkan proses pengolahan data nilai dan pengontrolan data dalam permasalahan yang serupa. Hasil akhir yang dibuat adalah sebuah Sistem Informasi pengolahan data penilaian siswa berbasis desktop pada SD Negeri Kunciran 9 yang membantu pengolahan data dan pehitungan data nilai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
[1]
L. Ratna Sari and R. Rusdah, “ANALISA DAN RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENILAIAN SISWA BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: SD NEGERI KUNCIRAN 9”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 94-100, May 2019.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)