IMPLEMENTASI SENSOR INFRARED DAN KAMERA UNTUK SISTEM PENGAMAN SITE BTS VIA TELEGRAM BERBASIS RASPBERRY PI 3

  • Rendy Ardiansyah Teknologi Informasi
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur
  • Ika Susanti Universitas Budi Luhur

Abstract

Pengamanan pada sekarang ini sangat amat kurang diperhatikan pada site-site bts, sehingga banyak terjadi pencurian yang mengakibatkan kerugian yang besar. Site bts pada umumnya menggunakan kunci manual, dan tidak dapat memonitoring siapa saja yang akses ke site tersebut. Untuk dapat memonitoring akses manusia ke tempat tersebut, karya tulis ini merancang alat yang dapat memonitoring pegerakan di site tersebut, salah satunya dengan menggunakan sensor infrared, kamera raspberry, mikrokontroler Raspberry Pi 3 B dan aplikasi telegram. Alat tersebut di rakit menjadi satu kesatuan sehingga fungsi nya bisa di satukan, sensor infrared untuk menagkap pergerakan nya, lalu di tangkap oleh kamera setelah infrared mendeteksi ada pergerakan, dan akan disimpan di mikrokontroler Raspberry Pi 3 B, selanjutnya file gambar yang di tangkap akan diteruskan melalui pesan di aplikasi telegram disertai pemberitahuan. Setelah pesan pertama di terima, modul akan menunggu 10 detik sebelum system sensor bekerja kembali guna membatasi terlalu banyak nya pergerakan yang di tangkap oleh sensor. Dan dalam jeda waktu 10 detik itu, kita bisa mengirimkan perintah melalui telegram untuk menangkap gambar kembali atau merekam video yang akan dikirim kan ke telegram dengan format GIF

Downloads

Download data is not yet available.

References

Krisnawan, A, Perancangan Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Raspberry Pi, vol. 2, No. 2, Agustus 2015.

Mohammad, A, An IOT based Solar Integrated Home Security System by using GSM Module and Raspberry pi. Vol. 4, Issue-12, Desember 2017.

Kurniawan, M dan Sunarya, U, Internet of Things: Sistem Keamanan Rumah berbasis Raspberry Pi dan Telegram Messenger, vol. 6, No.1, Hal 1-15, Januari 2018.

Pangalila, A dan Irawan, L. (2017). Implementasi Sensor PIR sebagai Pendeteksi Gerakan untuk Sistem KeamananRumah menggunakan Platform IoT, vol.3, No.2, Hal 152-161, Desember 2017.

Joshi, S dan Wani, G, Whatsapp/Telegram Controlled Advanced Security System, vol. 6, Hal 262-266, April 2018.
Published
2021-07-31
How to Cite
[1]
R. Ardiansyah, F. Ferdiansyah, and I. Susanti, “IMPLEMENTASI SENSOR INFRARED DAN KAMERA UNTUK SISTEM PENGAMAN SITE BTS VIA TELEGRAM BERBASIS RASPBERRY PI 3”, SKANIKA, vol. 4, no. 2, pp. 120-125, Jul. 2021.

Most read articles by the same author(s)