PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PADA HAUS COFFEE

  • Julian Pratama Ashidik Teknik Informatika
  • Sejati Waluyo Teknik Informatika
  • Ika Susanti Universitas Budi Luhur

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi Augmented Reality pada bidang pemasaran produk yang medianya berupa daftar menu produk pada kedai kopi Haus Coffee. Melalui media pemasaran produk yang berupa daftar menu yang hanya berisi tulisan, seringkali pengunjung bingung kopi yang akan dibeli dikarenakan tidak semua pembeli mengetahui tentang kopi. Sehingga terkadang pembeli harus bertanya kepada karyawan kedai untuk mendapatkan informasi ataupun gambaran yang lebih jelas. Di jaman sekarang kita melihat pesatnya perkembangan teknologi,termasuk teknologi Augmented Reality yang banyak berkembang di banyak bidang contohnya pemasaran produk . Nantinya aplikasi ini akan menampilkan produk-produk kopi yang akan di pasarkan dalam bentuk visual nya. Untuk membangun aplikasi ini nantinya akan digunakan bahasa pemograman C# serta metode Marker Based Tracking yang di implementasikan pada daftar menu berisi gambar sebagai salah satu marker penanda dan smartphone untuk scanning marker tersebut. Hasil dari penelitian ini nanti nya akan menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) yang menampilkan gambaran dari produk Haus Coffee dalam bentuk visual nya. Pada pengujian melalui kuisioner yang di sebarkan kepada pengunjung Haus Coffee mendapatkan hasil pencapaian keseluruhan 85%(Baik). Dari hasil pengujian tersebut dapat di simpulkan aplikasi yang di buat dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan apa yang di butuhkan di Haus Coffee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Hidayat, (2014), “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak”, Citec Journal, 2(1), pp. 77-92.

I. B. M. Mahendra, (2016), “Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3Ddan Vuporia SDK”, Jurnal Ilmu Komputer,9(1), pp.1-5.

D. I. Surya, (2015), “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality” Jurnal Buana Informatika, 6(2), pp.153-162.

A. Juansyah,(2015), “Pembangunan Aplikasi Child TrackerBerbasis Assisted –Global Positioning System (A-Gps)dengan Platform Android”, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika(KOMPUTA), Edisi 1, vol. 1, pp. 1-8.

Pratama, Sarwedy Rendra & Mumtahana, Hani Atun, (2017), “Perancangan Teknologi Augmented Reality pada Brosur STT Dharma Iswara Madiun”, Journal of Computer and Information Technology,1(1), pp. 6-13.

J. C. Young, (2015),“Marketing Communication Menggunakan Augmented Reality pada Mobile Platform”, ULTIMATICS, 7(1), pp. 14-19.

Sari, TIka Novita, (2016), “Analisis Kualitas Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Standard ISO9126 ”Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), 1(1), pp. 1-7.
Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
J. Ashidik, S. Waluyo, and I. Susanti, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PADA HAUS COFFEE”, SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 51-57, Jan. 2021.