IMPLEMENTASI ALGORITMA HASH SHA-1 DISERTAI TEKNIK KRIPTOGRAFI METODE AFFINE CIPHER DAN AES-256 PADA APLIKASI CHATTING BERBASIS ANDROID

  • Deditian Nurhadid Universitas Budi Luhur
  • Noni Juliasari Universitas Budi Luhur

Abstract

Chatting dahulu bermula dari SMS (Short Message Service) yang merupakan salah satu tipe Instant Messaging (IM) yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan singkat, walaupun user sedang melakukan sambungan data atau suara. Pada studi kasus penelitian di Laboratorium ICT, kebutuhan akan aplikasi chatting adalah untuk menunjang fasilitas pendukung jalannya perkuliahan. Salah satu untuk kebutuhan dosen menginformasikan kelas pengganti, pemberian tugas atau pengiriman naskah UAS/UTS. Pengembangan aplikasi chatting pada penelitian ini akan ditujukan salah satunya untuk permasalahan tersebut. Dengan menerapkan Kriptografi Affine Cipher sebagai enkripsi dan dekripsi pesan dan AES-256 sebagai enkripsi dan dekripsi file yang berupa format .pdf aplikasi dibangun berbasis android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Mobile dan Firebase sebagai web server. Proses pengiriman akan melalui proses enkripsi pesan yang kemudian disimpan di Firebase yang berada di cloud tetapi pada fasilitas enkripsi file bisa dipakai atau tidak enkripsinya, sedangkan proses penerimaan pesan akan melalui proses dekripsi sebelum pesan dimunculkan kepada penerima. Pengujian dilakukan dengan mengirim 8(delapan) pengiriman pesan dengan menggunakan 2(dua) akun yang berbeda, satu dosen dan satu mahasiswa (supervisor) yang terkoneksi dengan internet yang stabil melalui tahap enkripsi dekripsi pesan dan file. Berdasarkan hasil pengujian, pesan dan file dapat terbaca dengan baik oleh penerima dengan tingkat keberhasilan pengiriman pesan dan file 100%. Diharapkan aplikasi yang diimplementasikan ini dapat lebih mempermudah proses perkuliahan di Laboratorum ICT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-05
How to Cite
[1]
D. Nurhadid and N. Juliasari, “IMPLEMENTASI ALGORITMA HASH SHA-1 DISERTAI TEKNIK KRIPTOGRAFI METODE AFFINE CIPHER DAN AES-256 PADA APLIKASI CHATTING BERBASIS ANDROID”, SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 486-490, May 2018.