Implementasi Kriptografi untuk Pengamanan Basis Data Menggunakan Algoritma Triangle Chain Chiper Pada PT Mandiri Pratama Teknik Wahyu Gemilang

  • Yusran Fariz Universitas Budi Luhur
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur

Abstract

PT Mandiri Pratama Teknik Wahyu Gemilang merupakan salah satu perusahaan kontraktor yang bekerjasama dengan provider telekomunikasiyang berfokus dalam bidang penawaran material dan jasa untuk internet rumah dan perkantoran. Dalam penjualan material, terdapat data – data penting yang bersifat rahasia, dan hanya orang – orang tertentu saja yang dapat mengakses data tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan pengguna untuk menyimpan dan menginput data – data tersebut agar terjaga kerahasiaan dan keamanannya. Pada penilitian ini penulis mengimplementasikan keamanan data pada database. Karena dengan majunya perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat, banyak sekali terjadinya kasus pencurian data – data penting. Teknik pengamanan data ini dilakukan menggunakan teknik kriptografi Triangle Chain. Algoritma ini nantinya akan digunakan untuk mengamankan suatu basis data, Dengan teknik kriptografi Triangle Chain ini dapat dimanfaatkan untuk mengamankan data serta memberikan kemudahan kepada user untuk mengamankan datanya agar isi data tersebut tidak diketahui oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan untuk mengakses data tersebut. Pada tugas akhir ini penulis membuat suatu aplikasi pengamanan database dengan menggunakan algoritma kriptografi Triangle Chain. Aplikasi pengamanan database ini berbasis desktop dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic. Dengan menggunakan aplikasi ini, penulis berharap agar pengguna dapat menyimpan datanya yang bersifat rahasia ke dalam database tanpa khawatir ada orang lain yang dapat mengakses data tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
Y. Fariz and F. Ferdiansyah, “Implementasi Kriptografi untuk Pengamanan Basis Data Menggunakan Algoritma Triangle Chain Chiper Pada PT Mandiri Pratama Teknik Wahyu Gemilang”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 950-956, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>