Implementasi Web Service Restful Dan Algortima Rc4 Dalam Proses Validasi Data Mahasiswa Dan Dosen Pada Saat Proses Login Ke Aplikasi Blucampus

  • Agung Yuliyanto Yuliyanto Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Abstract

Pada proses login ke aplikasi BluCampus pengguna diharuskan untuk melakukan proses registrasi terlebih dahulu sebelum dapat login ke dalam aplikasi, tentu hal ini akan merepotkan bilamana seseorang yang login tersebut adalah Mahasiswa ataupun Dosen yang berasal dari Universitas Budi Luhur, karena BluCampus adalah aplikasi yang dikhususkan untuk Mahasiswa dan Dosen Universitas Budi Luhur. Oleh karena itu penggunaan Web Service RestFul sebagai media untuk memvalidasi Mahasiswa dan Dosen digunakan dalam proses pembuatan sistem login, sehingga memudahkan Mahasiswa dan Dosen dalam upaya login ke dalam aplikasi tanpa perlu melakukan registrasi lagi. Dalam prosesnya, data Mahasiswa dan Dosen yang sudah ada seperti NIM (Mahasiswa), NIK (Dosen) serta password digunakan, untuk selanjutnya dimanfaatkan BluCampus untuk diperiksa kebenaran data tersebut dengan cara mengirimkan data tersebut ke server Universitas Budi Luhur dengan menggunakan Web Service RestFul sebagai media prantaranya serta menggunakan algoritma RC4 saat proses pengiriman tersebut agar terjaga keamanan data yang akan diperiksa. Jika data tersebut benar dan ada di server Universitas Budi Luhur, maka pengguna dibolehkan login ke dalam aplikasi dan memanfaatkan fitur yang ada didalamnya. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu setiap orang yang ingin menggunakan Web Service RestFul sebagai media validasi serta algoritma RC4 untuk pengamanan data sehingga mengurangi proses pencurian serta penggunaan data untuk tujuan yang tidak baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
A. Y. Yuliyanto and M. A. Rony, “Implementasi Web Service Restful Dan Algortima Rc4 Dalam Proses Validasi Data Mahasiswa Dan Dosen Pada Saat Proses Login Ke Aplikasi Blucampus”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1058-1064, Jul. 2018.