Implementasi Keamanan Database Dengan Enggunakan Metode Advanced Encryption Standard (Aes-256 ) Pada Sekolah Smk Islam Al Hikmah Jakarta Berbasis Desktop

  • Handoko Handoko Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Abstract

Seiring dengan berkembangnya Teknologi Komputer yang semakin pesat, kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi data secara cepat dan akurat dalam Bidang Pendidikan. SMK Islam Al Hikmah Jakarta adalah sekolah yang berlokasi di Jakarta Selatan, data siswa,guru dan raport sering terjadi keamanan yang kurang safety. Setelah dilakukan sedikit penelusuran, terdapat data-data yang sangat penting dan tidak boleh ada orang lain yang tahu selain guru kelas lain atau pun pihak sekolah dari unit tertentu, data tersebut yaitu data siswa,guru dan raport. Penyimpanan data tersebut masih dalam pengamanan yang kurang, yaitu dengan menyimpan data pada suatu file folder tanpa pengamanan. Metode kriptografi yang digunakan pada sebuah penelitian ini yaitu Advanced Encryption Standard (AES) dengan kunci sepanjang 256 bit. AES- 256 ini menggunakan 14 Round yang memiliki urutan langkah, yaitu AddRoundKey , SubBytes , ShiftRows , MixColumns. setelah itu ulangi lagi langkah-langkah tersebut sebanyak tiga belas kali dan pada langkah ke empat belas tahap MixColumns tidak dilakukan. Dengan adanya aplikasi ini pada SMK ISLAM AL HIKMAH JAKARTA, semua data siswa,guru, dan nilai dapat di enkripsi oleh user menjadi data yang tidak dapat digunakan oleh pihak-pihak tidak berwenang, dan dapat menjaga kerahasiaan data tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
H. Handoko and M. A. Rony, “Implementasi Keamanan Database Dengan Enggunakan Metode Advanced Encryption Standard (Aes-256 ) Pada Sekolah Smk Islam Al Hikmah Jakarta Berbasis Desktop”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1137-1142, Jul. 2018.