RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: APOTEK KASIH IBU

  • William Willy Wijaya Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Pembelian, Penjualan

Abstract

Apotek Kasih Ibu merupakan salah satu unit usaha yang bergerak dibidang perdagangan yang kegiatan seharihari nya berfokus untuk menjual produk farmasi seperti obat-obatan maupun alat kesehatan lainnya. Dalam kegiatan administrasinya perusahaan membutuhkan data yang tepat dan cepat tersedia. Beberapa masalah yang dihadapi perusahaan saat ini yaitu sering terjadi kesalahan penghitungan, pegawai kesulitan follow up supplier karena kurangnya informasi mengenai supplier, pemilik kesulitan mengetahui barang yang paling sering dipesan, sering terjadi kesalahan dalam proses pembuatan laporan, pegawai kurang semangat dalam bekerja. Pengamatan dilakukan dengan metode wawancara dengan pemilik usaha, serta menganalisa dokumen transaksi berjalan untuk mengidentifikasi kebutuhan. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan usulan pemecahan masalah dalam bentuk rancangan sistem informasi pembelian dan penjualan yang dibuat dengan bahasa pemrograman VB dan menggunakan database MySql yang dapat berguna untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses administrasi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
W. Wijaya and B. Andah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: APOTEK KASIH IBU”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 57-63, Mar. 2019.
Section
Table of Content