PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS : PT PRIMASTIAN METAL PERTAMA

  • Abdul Qodir Nasution Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Analisa, Perancangan, Penjualan, Pembelian, PT PRIMASTIAN METAL PERTAMA, UML

Abstract

Dalam kegiatan operasional perusahaannya, diperlukan adanya informasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelian dan penjualan secara tepat dan akurat. Karena dalam pengolahan datanya belum terstruktur dengan baik sehingga mempunyai berbagai kendala yang dihadapi antara lain: Terjadinya kesalahan pencatatan, penyajian laporan yang tidak akurat, keterlambatan dalam penyajian laporan yang menyebabkan lambat dalam mengambil keputusan, kerangkapan data yang menyebabkan kesulitan dalam pencariannya, Tidak adanya informasi penerimaan barang yang dari supplier dan pengiriman kepada pelanggan, serta terbatasnya tempat penyimpanan data yang semakin bertambah banyak. Untuk merancang suatu sistem informasi usulan tersebut, penulis melakukan beberapa metode diantaranya pengamatan pada kegiatan administrasi, wawancara disetiap bagian yang terkait serta menganalisa dokumen transaksi yang berjalan diperusahaan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, penulis menyediakan beberapa fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan antara lain: Fitur Update Daftar Barang, Pelanggan, Supplier, Pembelian dan Penjualan, serta fitur pembuatan Laporan Pembelian, Penjualan, Daftar Barang, Daftar Pelanggan, Daftar Supplier, PO kepada Supplier, Rekap Pendapatan, Surat Jalan, dan Faktur Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
A. Nasution and L. Suryadi, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS : PT PRIMASTIAN METAL PERTAMA”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 16-21, Sep. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>