PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN PADA SD NEGERI LARANGAN 9

  • Rina Gifany Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penilaian, SD Negeri Larangan 9

Abstract

SD Negeri Larangan 9 merupakan instansi Pendidikan formal level rendah yang berstatus Negeri milik pemerintah diselenggarakan selama 6 tahun guna untuk membentuk karakter siswa. Dalam penelitian kali ini Peneliti membahas tentang proses penilaian yang terjadi pada SD Negeri Larangan 9. Banyaknya siswa yang ada dan pertambahan siswa setiap tahunnya yang kian meningkat menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan timbulnya permasalahan di sekolah tersebut. Adapun masalah yang sering terjadi antara lain sulitnya melakukan pencarian data siswa, lambatnya pembuatan laporan nilai dan absensi siswa, membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan rapor, tidak adanya laporan nilai keterampilan siswa, dan sulit dalam menentukan peringkat siswa. Sehingga Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah sistem baru yang telah terkomputerisasi menggunakan VB.Net dan Database MySql. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan metode penelitian yaitu wawancara, observasi, pengumpulan data, studi literature. Peneliti membangun sebuah sistem penilaian yang telah terkomputerisasi dapat membantu guru dan staf tata usaha dalam melakukan pengolahan nilai siswa serta pengolahan data absensi siswa agar terhindar dari kesalahan dalam pengolahannya, dan kesalahan dalam melakukan pembuatan laporan. Memudahkan dalam melakukan penyimpanan data baik data siswa ataupun penyimpanan data guru, serta pencarian data dapat dilakukan secara cepat, efektif dan efisien, sehingga mutu dan kinerja sekolah lebih meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
R. Gifany and G. Gata, “PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN PADA SD NEGERI LARANGAN 9”, IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 132-140, Mar. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>