SISTEM INFORMASI PENJUALAN PASIR PADA PANGKALAN RIO PUTRA
Abstract
Rio Putra merupakan pangkalan pasir atau suatu bidang usaha yang bergerak pada penjualan. Barang yang tersedian untuk dijual yaitu berbagai macam jenis pasir seperti, pasir putih, pasir hitam, pasir kuning dll. Masalah yang sering terjadi pada Pangkalan Pasir Rio Putra yaitu kesalahan dalam penulisan atau perhitungan dalam pemesanan, pembayaran dan laporan pendapatan setiap bulan. Penyimpanan dokumen yang kurang baik seperti menumpuk berceceran dan sering hilang. Sering terjadi keterlambatan dalam menyerahkan laporan setiap bulan kepada pemilik karna harus mengumpulkan dokumen – dokumen yang memerlukan waktu cukup lama. Proses retur masih menggunakan dokumen surat jalan sehingga dokumen surat jalan berfungsi ganda. Tidak ada dokumen yang disediakan khusus untuk pemesanan dari pelanggan sehinggan proses pemesanan dicatat langsung pada nota pembayaran. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneleti menggunakan metode UML (Unified Modeling Languange) seperti Activity Diagram, Use Case Diagram, Fishbone Diagram, Entity Relationship Diagram (ERD), kemudian peneliti telah mengubah sistem penjualan pada Pangkalan Rio Putra menjadi sistem informasi penjualan pasir yang sudah terkomputerisasi dan telah diimplemntasikan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic Studio 2008 serta sudah tersedia database menggunakan MySQL. Manfaat peneletian yang telah dilakukan untuk rio putra adalah sebagai sarana audit sistem informasi penjualan pasir pada pangkalan rio putra. Sebagai sarana evaluasi penjualan pasir menjadi sistem yamg sudah terkomputerisasi. Dengan telah dibuatkan sistem informasi penjualan pasir pada Pangkalan Pasir Rio Putra, maka dapat meningkatkan mutu dan pelayanan. Proses pengelolaan penjualan pasir menjadi lebih baik dan informatif.