MERANCANG SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK (STUDI KASUS ALISYASHOES)

  • Imam Muhamad Ramdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Sepatu, Alisyashoes

Abstract

Toko Alisyashoes mulai dirintis pada tahun 2012 yang bertempat dikota Jakarta. Walaupun baru 6 tahun merintis, namun sistemnya tidak berkembang. Meski sudah menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel dalam pembuatan laporan penjualan tetapi aplikasi tersebut dianggap belum cukup membantu karena belum akurat dalam mencari dan memasukan data-data dari dokumen penjualan dan pembelian. Permasalahan lain yang timbul adalah Laporan yang dibuat seringkali tidak valid dan terlambat, dikarenakan kesalahan dalam membuat rekap data. Tidak adanya retur pembelian sehingga tidak mengetahui barang apa saja yang pernah diretur Belum adanya laporan pembelian sehingga pemilik kesulitan untuk mengetahui secara detail barang apa saja yang dibeli. Belum adanya laporan yang berisi informasi barang apa yang paling sering kejual, sehingga pemilik kesulitan menentukan barang favorit yang banyak dibeli pelanggan. Penulis melalui penelitian secara langsung pada Toko Alisyashoes menggunakan observasi, wawancara, analisa dokumen, dan studi pustaka untuk mengimplementasikan dengan Database dibuat menggunakan MYSQL dan Microsoft visual studio 2008 sebagai bahasa pemogramannya. Semoga dengan adanya Sistem ini, diharapkan dapat membantu dan mempermudah yang di butuhkan oleh pegawai dan pemilik terhadap data-data yang terkait dalam penjualan dan pembelian sepatu.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
I. Ramdani and L. Suryadi, “MERANCANG SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK (STUDI KASUS ALISYASHOES)”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 364-369, Sep. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>