PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 177 JAKARTA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Nazerly Gitama Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi, perpustakaan

Abstract

Kehadiran perpustakaan di dunia pendidikan tidak lepas dari keberadaan koleksi bahan pustaka yang dimiliki. Selain sebagai sumber referensi pembelanjaran, perpustakaan adalah sarana peminjaman buku merupakan salah satu kegiatan dan kebutuhan siswa yang penting di setiap sekolah untuk membantu mengikuti  perkembangan sistem informasi yang baik, sehingga dapat mengikuti perkembangan peminjaman buku pada perpustakaan yang terus berkembang. Namun tidak semua perpustakaan di sekolah mempunyai sistem pengelolaan yang menunjang. Perpustakaan saat ini sering timbul permasalahan kerusakan data, tidak adanya bukti peminjaman, tidak adanya laporan denda, terjadi kesalahan pembuatan laporan. Hal ini diperlukannya sebuah sistem informasi yang lebih efektif dan efisien untuk pengelolaan perpustakaan tersebut. Penulis melalui penelitian secara langsung menggunakan observasi, interview dan analisa dokumen untuk  menganalisa data dengan menggunakan metodologi berorientasi obyek, sehingga diharapkan akan menghasilkan sistem informasi perpustakaan yang terkomputerisasi. Manfaat sistem informasi perpustakaan ini, diharapkan dapat membantu dan mempermudah yang di butuhkan oleh pihak perpustakaan dan kepala sekolah terhadap data-data yang terkait dalam peminjaman dan pengembalian buku.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
N. Gitama and H. Hasugian, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 177 JAKARTA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 341-346, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>