RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI HASIL PENILAIAN SISWA PADA SMP NEGERI 267 JAKARTA BERBASIS UNIFIED MODELING LANGUAGE

  • Dini Ismayani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: fishbone, penilaian, uml, waterfall

Abstract

SMP Negeri 267 adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri yang didirikan oleh pemerintah pusat. Dalam penulisan penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang bagaimana proses penilaian pada SMP Negeri 267 Jakarta. Permasalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) kurang efektif dalam pembuatan jadwal guru, sehingga memungkinkan adanya jadwal guru yang bentrok, 2) lambatnya dalam mengolah nilai siswa, karena penyimpanan nilai yang kurang baik, 3) memerlukan waktu dalam  pencarian data, sehingga memungkinkan adanya kesalahan dalam memasukan nilai siswa, 4)sulit dalam mengevaluasi hasil belajar siswa, karena tidak adanya rekapitulasi nilai siswa terbaik, 5) penyimpanan data yang belum terpusat, sehingga butuh waktu lama apabila  mencari data yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan ini antara lain: wawancara, pengamatan, dan studi pustaka. Metode untuk pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall, sedangkan metode untuk pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Sistem yang dihasilkan dapat menangani proses: pencatatan data, pengolahan nilai, pembuatan jadwal, pemetaan siswa per kelas beserta wali kelas, pencatatan absensi, sampai dengan pembuatan laporan. Hasil akhir penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam kegiatan penilaian agar berjalan dengan baik di SMP Negeri 267 Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
D. Ismayani and L. Fajarita, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI HASIL PENILAIAN SISWA PADA SMP NEGERI 267 JAKARTA BERBASIS UNIFIED MODELING LANGUAGE”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 384-389, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>