PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK STUDI KASUS : SMA NEGERI 63 JAKARTA

  • Norina Br Lingga Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: spk, ahp, saw, pemilihan

Abstract

Penelitian ini membahas decision support system pemilihan guru terbaik pada SMA Negeri 63 Jakarta. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan mengevaluasi peserta didik. SMA Negeri 63 Jakarta merupakan sekolah negeri yang berupaya meningkatkan mutu pendidikan agar dapat bersaing dengan sekolah lainnya. Salah satu upaya yang sudah dilakukan mengevaluasi kinerja guru yang bertujuan untuk meningkatkan potensi dan mengembangkan kinerja. Saat ini, pihak sekolah hanya melakukan proses penilaian kinerja guru tetapi belum melakukan pemilihan guru terbaik sehingga terdapat beberapa guru yang tidak melakukan perubahan sikap dan kinerja dalam proses mengajar. Oleh karena itu SMA Negeri 63 Jakarta membutuhkan sistem penunjang keputusan yang dapat melakukan pemilihan guru terbaik agar semakin memotivasi guru untuk melakukan perubahan sikap dan cara mengajar. Sistem ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai penentu bobot kriteria, yang akan membandingkan kriteria satu dengan kriteria yang lainnya dan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai metode untuk mencari penjumlahan terbobot. Salah satu yang akan membantu pengambil keputusan adalah dihasilkannya laporan ranking yang sudah terurut dari alternatif dengan nilai tertinggi sampai dengan alternatif dengan nilai terkecil. MySQL sebagai database dan Microsoft Visual Studio 2008 digunakan untuk membuat sistem ini yakni sebagai database dan tool pembuatan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
N. Lingga and H. Hasugian, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK STUDI KASUS : SMA NEGERI 63 JAKARTA”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 396-403, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>