ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT JALAN PADA KLINIK FERI ASWADI DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Alvin Yusrizal Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi administrasi rawat jalan, metodologi berorientasi obyek

Abstract

Klinik merupakan salah satu instansi yang bergerak dibidang kesehatan. Pelayanan kesehatan dalam penanganan merupakan hal yang sangat penting demi tercapai tujuan yang maksimal. Dimana sistem yang sedang berjalan pada Klinik Feri Aswadi ini masih dilakukan secara manual, sehingga bisa saja terjadi kesalahan dalam pengolahan dan penginputan data pasien. Diantaranya kesalahan dalam pencatatan data pasien, pembuatan laporan dan sering mengalami kesulitan dalam pencarian data pasien, sehingga memakan waktu lama dalam proses rawat jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengusulkan suatu rancangan sistem informasi yang sudah terkomputerisasi. Manfaat yang diperoleh adalah pencarian data pasien lebih cepat, akurat dan proses pelayanan rawat jalan menjadi efektif dan efisien. Penulis menganalisa dan merancang sistem usulan menggunakan metodologi berorientasi obyek. Metode yang digunakan penulis adalah wawancara, studi pustaka, pengamatan, dan pengumpulan data. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sebuah rancangan sistem informasi berbasis desktop dengan bahasa pemograman Visual Studio 2008 dengan database MySQL, yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah pelayanan di klinik menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
A. Yusrizal and L. Suryadi, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT JALAN PADA KLINIK FERI ASWADI DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 401-406, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>