SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN PADA BANK MINI SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG

  • Eka Ayudia Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi, bank mini, administrasi pembayaran, bank mini administrasi pembayaran

Abstract

Bank Mini adalah sebuah organisasi yang dibuat dalam lingkungan kejuruan akuntansi. Selain itu, perlu adanya pengembangan pembelajaran yang inovatif bagi siswa. Untuk memfasilitasi siswa SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan, maka dibuatlah program Bank Mini SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Permasalahan yang dihadapi oleh Bank Mini antara lain tidak efektif nya Bank Mini dalam melayani masyarakat karena tidak dapat melakukan pembayaran antara lain pembayaran SPP dan denda perpustakaan. Dengan adanya masalah tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi sehingga dapat memberikan informasi yang tepat, cepat dan akurat yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang menunjang jalannya aktifitas transaksi dan pembuatan laporan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengembangan sistem dengan perancangan UML. Perancangan ini digunakan untuk pengembangan berorientasi objek dan hasilnya adalah Activity Diagram, Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, wawancara dan observasi dan metode pengembangan sistem model waterfall, dan mengimplementasikannya dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan database MySQL.  Dengan sistem informasi pengelolaan administrasi ini dapat mempermudah dn mempercepat kegiatan pengolahan dan pengontrolan data transaksi. Sistem komputerisasi dapat menghasilkan data lebih akurat, relevan dan tepat waktu yang dibutuhkan manajemen dalam pengambilan keputusan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
E. Ayudia and G. Gata, “SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN PADA BANK MINI SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 498-504, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>