PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BAHAN BANGUNAN PADA TOKO BANGUNAN CV. CIPTA KARYA UTAMA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Ananda Septian Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi penjualan, metodologi berorientasi obyek, Mysql Server

Abstract

CV. Cipta Karya Utama salah suatu badan usaha yang kegiatan utamanya bergerak dibidang penjualan barang bangunan. Dalam proses mengolah data selama ini masih menggunakan cara tradisional yaitu mencatat dan menulis semua dokumen seperti nota, surat jalan dengan tulisan tangan, dalam mengolah data untuk dijadikan sebuah informasi juga demikian,  laporan disajikan tidak akurat dan sering  terlambat diberikan, itu sebagian masalah yang terjadi saat ini. Salah satu cara yang diusulkan penulis adalah merubah cara mengolah data dari cara tradisonal diubah dengan cara modern yaitu menggunakan sistem komputerisasi dengan pengembangan sistem penjualan barang. Untuk teknik pengumpulan data penulis mnggunakan tehnik wawancara, survey dan dokumentasi. Untuk metode analisa dan desain penulis menggunakan metode analisa berorientasi obyek dengan beberapa alat bantu dengan diagram UML(Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi penjualan adalah visual studio 2008 dengan database Mysql Server. Hasil dari penulisan di CV. Cipta Karya Utama penulis menyimpulkan bahwa dibangunnya sistem informasi penjualan dapat mengelola data pelanggan, pengolahanan data barang dan pengolahan data transaksi penjualan dengan lebih cepat, efektip dan efesien. Dan bagi pimpinan dengan disajikannya berbagai informasi maka pimpinan banyak sekali informasi yang didapat sehingga dapat lebih cepat menentukan langkah kedepan demi kemajuan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
A. Septian and L. Suryadi, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BAHAN BANGUNAN PADA TOKO BANGUNAN CV. CIPTA KARYA UTAMA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 2, no. 4, pp. 159-164, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>