ANALISA DAN DESAIN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENILAIAN SISWA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK PADA MTSN 19 JAKARTA
Abstract
MTSN 19 Jakarta merupakan salah satu Madrashah Tsanawiyah Negeri di Jakarta memiliki tingkatan yang sama dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis melakukan penelitian Mengenai proses penilaian pada MTSN 19 Jakarta. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh MTSN 19 Jakarta adalah mengalami kendala pada Proses Penilaian Siswa sehingga yang kurang efisen dalam penilaian, karena seringnya terjadi kesalahan pencatatan data karena kurang teliti sehingga proses penilaian terhambat, penyimpanan data informasi penilaian yang belum terorganisir dengan baik sehingga sulit untuk mencari daya yang dinginkan mengakibatkan terhambatnya proses pengisian raport, seringnya terjadi kesalahan pada pengetikan Data Siswa mengakibatkan banyaknya wali murid yang komplain,tempat penyimpanan arsip yang dokumen yang masih tidak teratur akibatnya banyaknya dokumen yang hilang, penilaian sikap masih berdasarkan penglihatan saja belum memiliki laporan khusus mengenai sikap siswa sehingga sulit untuk mengetahui sikap siswa. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menyusun Tugas Akhir ini penulis mengambil judul “Analisa dan Desain Aplikasi Sistem Informasi Penilaian Siswa dengan Metodologi Berorientasi Obyek Pada MTSN 19 Jakarta”. Pada penulisan Tugas Akhir ini, metode yang digunakan adalah metode wawancara, pengamatan dan studi pustaka. Untuk perancangan basis data pada sistem menggunakan relasi tabel dan ERD (Entity Relationship Diagram). Melalui penulisan ini, diharapkan dapat mencapai tujuan yaitu untuk memecahkan masalah pada sekolah MTSN 19 Jakarta khususnya pada penilaian siswa.