PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO TRI ARGA OUTDOOR SPORT MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

  • Nuryadi Nuryadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Toko Online, Business Model Canvas, Tri Arga Outdoor Sport, E-Commerce peralatan outdoor

Abstract

Tri Arga Outdoor Sport adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang Bisnis yang menjual berbagai peralatan outdoor. Proses bisnis pada bagian penjualan barang di Toko Tri Arga Outdoor Sport tersebut masih bersifat konvensional dimana pelanggan harus mendatangi toko untuk membeli barang yang diinginkan, hal tersebut berkaitan dengan persoalan ruang lingkup dan waktu yang terbatas, proses transaksi kurang efektif. karena membutuhkan banyak tahap ketika membeli lewat media sosial seperti WhatsApp. Serta promosi produk tidak menjangkau semua pelanggan, karena penawaran produk dan diskon hanya melalui instagram saja, sehingga pelanggan tidak bertambah. Dari permasalahan tersebut maka dibuatkan sebuah website E-Commerce. Adapun langkah pengumpulan data yang dilakukan yaitu analisa dokumen, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kemudian dilanjutkan dengan membuat Business Model Canvas (BMC), dapat membantu untuk mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis. Serta untuk analisis desain sistem menggunakan diagram yang ada dalam UML yaitu activity diagram, use case diagram, dan sequence diagram. Pada penelitian ini juga di rancang dan di kembangkan toko online menggunakan metode Interaction Flow Modelling Language (IFML), untuk membantu mempermudah komunikasi desain interaksi dengan pemangku kepentingan non-teknis. Fokus Penelitian ini adalah penyampaian informasi produk dan penjualan produk kepada konsumen secara online. Manfaat yang didapat dari penerapan sistem E-Commerce ini adalah konsumen tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjual sehingga proses transaksi akan lebih efisien, dan keuntungan berupa ruang lingkup yang lebih luas dan waktu yang banyak sehingga dapat menjawab persoalan penjualan secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S Diartono, D. A., Suhari, Y., & Supriyanto, A. Pengembangan Model Cyber Cluster E-Commerce Berbasis CMS dan SEO Produk Umkm. Ijccs, vol. 9 (2), pp. 145-156, 2015.

Susandi, D., & Sukisno. Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi, vol. 4, pp. 5-7, 2017.

Manulang, D., Abdillah, L. A., & Kurniawan. Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Soraya Shop Dengan Menerapkan Metode Rad. SHaP-SITI, p. 7, 2017.

Dedi, Mustofa, S. M., & Suhartono. Impementasi E-Commerce Toko Prayoga Sport Berbasis Content Management System (CMS) Joomla Modules VirtueMart. Jurnal Sisfotek Global, Vol. 5(1), pp. 95-98, Maret. 2015.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
N. Nuryadi and A. Ariesta, “PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO TRI ARGA OUTDOOR SPORT MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 109-115, Jan. 2020.