DESAIN MODEL SISTEM MARKETPLACE KERAJINAN TANGAN

  • Pandu Dwi Putra Nugroho Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Business Model Canvas, Marketplace, Penjualan Kerajinan Tangan Online

Abstract

Teknologi yang berkembang saat ini mengakibatkan transaksi jual beli mejadi lebih mudah dan lebih aman. Marketplace merupakan media tempat transaksi antara penjual dan pembeli berbasis internet. Produk yang ditawarkan sangat banyak seperti makanan, pakaian, sepatu, hingga peralatan rumah tangga. Dari sekian banyaknya produk yang dijual pada marketplace, produk lokal seperti kerajinan tangan masih kalah saing dari produk-produk lainnya. Kurang minatnya pada produk-produk lokal menjadi salah satu kalahnya kerajinan tangan dengan produk-produk yang ada pada marketplace. Business Model Canvas (BMC) digunakan untuk menggambarkan model bisnis yang akan dikembangkan pada marketplace, kemudian Unified Modeling Language (UML) digunakan untuk menggambarkan sistem informasi marketplace yang akan dibangun. Marketplace yang dibuat khusus untuk kerajinan tangan dapat meningkatkan daya saing dengan produk-produk yang ada pada marketplace lainnya. Selain itu juga dapat memperkenalkan hasil-hasil kerajinan tangan Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Marco and B. Puspa Ningrum, “Analisis Sistem Informasi E-Marketplace Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan,” Data Manajemen dan Teknologi Informasi, vol. 18, no. 2, pp. 48–53, 2017.

A. K. Putra, R. D. Nyoto, and H. S. Pratiwi, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 22–25, 2017.

A. Nur Ngazis, “Qlapa, Startup Indonesia Paling Menjanjikan Kini Bangkrut,” viva.co.id, 2019. [Online]. Available: https://www.viva.co.id/digital/startup/1127558-qlapa-startup-indonesia-paling-menjanjikan-kini-bangkrut. [Accessed: 17-Oct-2019].

A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business Model Generation A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Germany: Wiley, 2013.

H. Warnaningtyas, “Desain Bisnis Model Canvas ( BMC ) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” EKOMAKS J. Manajemen, Ilmu Ekon. Kreat. dan Bisnis, vol. 9, no. 79, pp. 52–65, 2020.

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019.

W. Nugraha and M. Syarif, “Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 94–101, 2018.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 77, 2018.

Saifulloh, R. Pamungkas, T. D. Saputro, and F. R. Al-ayyubi, “Perancangan Prototype Pengelolaan Arsip Surat di Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun,” J. Altifani, vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2021.

M. R. Asyari and S. Ramadhani, “Sistem Informasi Arsip Surat Menyurat,” J. Teknol. dan Inf. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 175–184, 2021.

Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
P. Nugroho and A. Ariesta, “DESAIN MODEL SISTEM MARKETPLACE KERAJINAN TANGAN”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 157-166, Jul. 2021.
Section
Table of Content