PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN MEMPERLUAS KAWASAN PEMASARAN PADA HIGH GADGET STORE

  • Tia Selviana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, High Gadget Store, Business Model Canvas, E-Commerce Penjualan Elektronik

Abstract

Teknologi informasi sangatlah berpengaruh untuk kemajuan suatu usaha. Berbagai macam cara dilakukan untuk mempromosikan usaha yang dimiliki salah satunya dengan menggunakan website E-Commerce. E-Commerce adalah suatu kegiatan jual beli yang dilakukan memalui media website. High Gadget Store merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan elektronik . Produk yang dijual di High Gadget Store yaitu handphone spesialisasi iPhone dengan berbagai  spesifikasi yang berbeda-beda. Dalam proses penjualannya pun masih terbilang sangat sederhana yaitu Customer yang datang ke toko. Namun hal tersebut dirasakan masih kurang efektif dikarenakan menimbulkan masalah dalam terbatasnya peluang dalam penjualan dan proses pemasaran produk. Penyimpanan datanya pun masih menggunakan buku catatan/buku dalam bentuk arsip. Untuk memecahkan masalah yang terjadi pada High Gadget Store yaitu melalui pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, analisa dokumen serta studi literatur. Dari  masalah yang ada penulis menggunakan metode business model canvas untuk membuat sebuah kerangka strategi dalam memanajemen perusahaan. Kemudian penulis menggambarkan proses bisnis yang diusulkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) seperti activity diagram, use case, System sequence diagram, Interaction flow modeling language (IFML) dan class diagram. Penelitian ini bertujuan agar High Gadget Store dapat lebih efektif dalam meningkatkan keuntungannya serta memperluas area pemasaran dan juga Dapat mengelola data stok dengan baik. Hasil dari penelitian ini ialah  website E-Commerce di High Gadget Store yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan juga memperluas area pemasaran serta Meningkatkan efektivitas pengolahan data, dan mengoptimalkan pelayanan kepada customer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

Sandykosasi, “Perancangan Dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Furniture,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015) Yogyakarta, 28 Maret 2015 ISSN:, 2018, no. 28, pp. 17–24.

Dian Gustina Ujang Mulayana, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone Berbasis Web Pada Toko Ilham Cellular Jakarta,” ilm. Fifo, vol. VIII, no. 2, pp. 161–172, 2016.

Novita Sari Rice Novita, “Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis E-Commerce,” j. Teknoif, vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2015.

Z. Sitorus, “Implementasi Konsep Business To Customer Dengan Teknologi E-Commerce Berbasis Web ( Studi Kasus : Toko Sepatu Bunut Kisaran ),” J. Pionir LPPM Univ. Asahan, vol. 5, no. 2, pp. 71–78, 2019.

R. Novita and N. Sari, “Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis E-Commerce,” Teknoif, vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2015.

Titania Ulfa Grace Indah Kusuma Dewi, Doni Syofiawan, “Pembangunan Dashboard Sebagai Alat Monitoring Dan Evaluasi Pada Toko Permata Batam,” J. Tek. Ibnu Sina(JT-IBSI), vol. 3, no. 2, pp. 27–48, 2018.

S. P. Suryanto, T. J. Pattiasina, and A. Soetarmono, “Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata),” J. Tek., vol. Vol.6, no. No.1, pp. 7–18, 2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
T. Selviana and A. Ariesta, “PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN MEMPERLUAS KAWASAN PEMASARAN PADA HIGH GADGET STORE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 307-313, Jan. 2020.