IMPLEMENTASI E-CRM (ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN DAN PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI NEGERI MINA UTAMA

  • Fachreza Haviedz Alqorni Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Koperasi Mina Utama, Customer Relationship Management (E-CRM), Implementasi E-CRM, E-CRM Pada Koperasi

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin berkembang pesat dan perkembangan teknologi informasi menjadi alasan perusahaan untuk mengubah pemikiran perusahaan terhadap bisnis, yang dulunya berorientasi pada keuntungan ke arah faktor-faktor potensial seperti tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memelihara hubungan baik dengan pelanggan agar dapat terbentuk Kepuasaan pelanggan. Hal ini merupakan tantangan dan kebutuhan bagi setiap instansi atau lembaga khususnya koperasi agar dapat memberikan pelayanan jasa dengan cepat dan memberikan informasi yang akurat kepada anggota koperasi. Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) menjadi salah satu sistem yang mampu meningkatkan keuntungan kompetitif (competitive advantages) melalui kepuasaan yang diperhatikan dalam mempertahankan pelanggan. Berdasarkan penelitian pada Koperasi Mina Utama, masih ada masalah pelayanan anggota dan promosi yang sebenarnya bisa diatasi dengan E-CRM. Masalah-masalah tersebut diantaranya seperti belum adanya media sarana untuk menampung testimoni dan kritik saran anggota, jangkauan promosi sangat sempit, customer service masih kurang maksimal dalam mengingat pertanyaan dan permintaan anggota. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menangani masalah tersebut dengan membuatkan sistem E-CRM yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman SQL, PHP, HTML, dan CSS. Metode penelitian yang digunakan diantaranya adalah wawancara, observasi, kajian pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penulisan laporan ini berupa aplikasi E-CRM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kosasi, Sandi. Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Sistem Infromasi dan Teknologi Informasi. 2015, 92.

Buttle, Francis. and Stan, Maklan. Customer Relationship Management: Concepts and Technologies. 3rd Edition. UK: Florence Production Ltd., 2015

Kotler, Philip. and Keller, Kevin Lane. Marketing Management (15th Edition). England: Pearson Education, Inc., 2016

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan,dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. 2014

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan,dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. 2014

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
F. Alqorni and H. Patrie, “IMPLEMENTASI E-CRM (ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN DAN PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI NEGERI MINA UTAMA”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 295-300, Jan. 2020.