PENGGUNAAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA TOKO REDSOUL UNTUK PENERAPAN APLIKASI E-COMMERCE

  • Mohamad Aseprudin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: CMS, Wordpress, Business Model Canvas (BMC), E-Commerce, Toko RedSoul, Search Engine Optimization (SEO)

Abstract

Perkembangan internet yang sangat cepat membawa dampak besar bagi segala aspek, tidak terkecuali dalam bidang bisnis dan pemasaran. Kemudahan yang diberikan internet membuat banyak pelaku bisnis berpindah dari bisnis konvesional menjadi bisnis elektronik. E-Commerce merupakan konsep perkembangan dalam sistem perdagangan yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli produk dan jasa melalui internet. Kelebihan bisnis menggunakan internet antara lain adalah mudah dan cepat. Toko RedSoul merupakan toko pakaian anak yang berlokasi di Tanah Abang dan hanya menggunakan sistem transaksi konvesional. Sebagaimana menjalankan bisnis, pemilik toko ingin mengembangkan bisnisnya menggunakan website penjualan online dengan tujuan menggali potensi pelanggan yang lebih luas dan bisa selalu terhubung dengan pelanggan. Karena penjualan melalui penggunaan media sosial seperti Instagram tidak terlalu berpengaruh besar terhadap penjualan, diantaranya karena: belum adanya fitur pencarian produk dan pembukuan laporan yang tidak terintegrasi menyebabkan produk yang tersedia maupun yang kosong tidak terdata dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah dengan dibuatnya toko online yang dapat memberi solusi bagi masalah yang terjadi dan meningkatkan penjualan produk. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Business Model Canvas (BMC), pembuatan web menggunakan Content Management System(CMS) Wordpress dan pengoptimalan web menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Hasil dari penelitian ini dapat menguntungkan semua pihak, baik pelanggan maupun pemilik toko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Abdullah, Herawati, dan C. I. Herliana, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Siswa SMP Islam Swasta Darul Yatama Berbasis Web,” IJNS – Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 1, hal. 39–44, 2015.

F. Priyono, “Analisa Penerapan Business Model Canvas Pada Toko Moi Collection,” Agora, vol. 3, no. 2, hal. 358–363, 2015.

H. Al Fatta dan R. Marco, “Analisi Pengembangan Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Smart Berbasis Cloud Computing Pada Sekolah Menengah Umum Pertama Negeri(SMUN) Di Daerah Istemewa Yogjakarta,” Naskah Publ., vol. 3, no. 10, hal. 64–91, 2015.

R. B. Halilintar dan D. Ariyus, “Implementasi Seo ( Search Engine Optimization ) Pada Website Agc ( Auto Generated Content ) Untuk Meningkatkan Serp ( Search Engine Result Page ) Studi Kasus : Website Gallery,” hal. 13–18, 2018.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, hal. 182, 2018.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
M. Aseprudin and G. Gata, “PENGGUNAAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA TOKO REDSOUL UNTUK PENERAPAN APLIKASI E-COMMERCE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 322-327, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)