PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMK PUSTEK SERPONG

  • Desty Shara Suhandi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Goenawan Brotosaputro Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: SMK Pustek Serpong, Pemilihan Guru Terbaik, Simple Additive Weighting (SAW), Sistem Penunjang Keputusan, SPK Pemilihan Guru Terbaik, Perancangan Aplikasi SPK

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi di era globalisasi saat ini, menjadikan teknologi sebagai kebutuhan sehari-hari bagi  semua orang. Khususnya di dunia pendidikan suatu pendidikan tidak akan berkembang/berjalan tanpa adanya beberapa faktor pendukung, salah satu faktor pendukung tersebut adalah sistem informasi. Berdasarkan perkembangan informasi yang berkembang di dunia pendidikan, SMK Pustek Serpong sangat membutuhkan sistem informasi yang akurat dan mempermudah pihak sekolah dalam menentukan pemilihan guru terbaik . Masalah yang ada dalam pemilihan guru terbaik adalah kesulitan dalam proses pegumpulan data dan hasil keputusan, belum adanya metode yang tepat dalam penentuan penilain guru terbaik, belum adanya sistem penunjang keputusan untuk pemilihan guru terbaik, sehingga pengambilan keputusan kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di SMK Pustek Serpong, dibutuhkan Sistem Penunjang Keputusan untuk membantu dalam pengambilan hasil keputusan, dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), serta membuatkan database MySQL untuk menyimpan semua data. Dalam penelitian ini sistem informasi yang dihasilkan dapat memudahkan dalam melakukan proses pengambilan keputusan, memudahkan penilaian kinerja guru dengan tepat dan akurat, memudahkan dalam merekap data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. S. Putra, D. R. Aryanti, and I. Hartati, “Metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi (Studi Kasus: SMK Global Surya),” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 85–97, 2018.

Y. E. Chintyari and T. Priharin, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting untuk pemilihan Guru beprestasi pada SMP Islam Pondok Duta,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 2, pp. 81–89, 2015.

R. S. Hutasoit, A. P. Windarto, D. Hartama, and S. Solikhun, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada Smk Maria Goretti Pematangsiantar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw),” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, p. 56, 2018.

T. R. Adianto, Z. Arifin, D. M. Khairina, G. Mahakam, and G. Palm, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH TINGGAL DI PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS : KOTA SAMARINDA),” in Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2017, vol. 2, no. 1, pp. 197–201.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
D. Suhandi and G. Brotosaputro, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMK PUSTEK SERPONG”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 375-380, Jan. 2020.