SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN GURU TERBAIK PADA SD ISLAM DIAN DIDAKTIKA CINERE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Anugrah Oktavino Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Penilaian Kinerja Guru, Simple Additive Weighting (SAW), SD Islam Dian Didaktika, SPK Pemilihan Guru Terbaik, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Guru atau pengajar yang professional merupakan sebuah keharusan bagi sekolah dalam mekasanakan proses pendidikan yang bermutu, demikian halnya dengan SD Islam Dian Didaktika.  Sekolah selalu mendorong peningkatan professionalitas guru dengan cara memantau kerja guru dalam mengimplementasikan tugasnya, sehingga dapat mencapai standar kompentensi yang telah ditentukan. Beberapa masalah dalam menentukan penilaian guru terbaik adalah penilaian masih manual dan kurang akurat. Hal ini membuat kepala sekolah sebagai pengambil keputusan sulit menentukan guru yang mempunyai nilai terbaik, selain itu perlu waktu lama dalam pengumpulan data, seperti form  kehadiran guru dan form evaluasi kinerja guru. Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan penilaian guru terbaik dengan menghasilkan perankingan alternatif. Sistem penunjang keputusan pemilihan guru terbaik ini dibuat dengan MySQL sebagai database dan Browser sebagai tools. Oleh karena itu penelitian ini betujuan untuk menghasilkan sebuah sistem penunjang keputusan, dengan adanya sistem tersebut diharapkan tim personalia sebagai penilai pada SD Islam Dian Didaktika dapat terbantu dalam penilaian guru terbaik. Menghasilkan rancangan sistem penunjang keputusan penilaian guru terbaik dengan lebih mudah dan efektif pada saat melakukan penilaian guru terbaik dengan menggunakan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nawawi. ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Jurnal Universitas Gadjah Mada, Vol. X No. 5. 2015

Djamarah. ‘Pengertian Kinerja Terhadap Guru’. Jurnal Pelita Ilmu Vol. IX No. 3. 2015

Indrajani. Database Design. 1st edn. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2017

Nugroho Susanto, A. Jurus Jitu Membangun Bisnis Berkah Omset Milyaran. 1st edn. Yogyakarta: PT Vindra Sushantco Putra. 2015, Available at: https://bit.ly/2Ix4SJj.

Abadi, S. dan Latifah, F. ‘Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting’, Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 6, 2016, pp. 37–43.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Oktavino and G. Gata, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN GURU TERBAIK PADA SD ISLAM DIAN DIDAKTIKA CINERE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 417-424, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)