ANALISA DAN PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN PADA RUMAH SAKIT BUAH HATI CIPUTAT

  • Rivaldi Pratama Putra Deti Sistem Informasi
  • Joko Sutrisno Sistem Informasi
Keywords: Electronic Customer Relationship Management, Rumah Sakit, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Abstract

Rumah Sakit Buah Hati Ciputat adalah Rumah Sakit swasta sosio-ekonomi yang mulanya mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan, penyakit kandungan, dan kesehatan anak, serta ditunjang dengan unit-unit pelayanan spesialistik lainnya. Dengan semakin banyaknya rumah sakit yang dibangun mengakibatkan persaingan yang ketat. Rumah sakit buah hati saat ini mengalami beberapa permasalahan diantaranya permasalahan pasien yang kurang puas pada pelayanan pendaftaran poliklinik. Disebabkan oleh pendaftaran poliklinik di lokasi yang cukup lama karena belum tersedia pendaftaran poliklinik secara Online. Selain itu kurangnya informasi jadwal dokter dan informasi kamar rawat menyebabkan pendaftaran terhambat karena pasien menanyakan informasi. Oleh karena itu rumah sakit perlu menerapkan sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan sistem E-CRM menggunakan metodologi Prototyping. Sistem E-CRM ini dapat meningkatkan pelayanan dengan tersedianya pendaftaran poliklinik secara Online, juga memberikan informasi jadwal praktik dokter dan data kamar rawat pasien. Sehingga loyalitas pasien dapat ditingkatkan dan memberikan keuntungan terhadap Rumah Sakit Buah Hati Ciputat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
R. Pratama Putra Deti and J. Sutrisno, “ANALISA DAN PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN PADA RUMAH SAKIT BUAH HATI CIPUTAT”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 300-306, Nov. 2019.